Silakan Pilih, Kavling pun Ditawarkan

* Geliat Sektor Properti Singapura (2-Habis)siteplan-sentosa-cove.jpg

Dalam memasarkan produk dan proyek propertinya, Singapura memang sangat atraktif. Mereka tak hanya menawarkan produk yang sudah jadi, tetapi juga kavling siap dibangun, bagi investor yang ingin mengembangkannya. Mereka menjangkau pasar internasional melalui website hingga mendatangi langsung calon investornya.
COBA Anda kunjungi situs resmi pengembang Pulau Sentosa di http://www.sentosa.com.sg. Di situs ini calon pembeli atau investor bisa melihat peta detil proyek yang dipasarkan, lengkap dengan tabel luas kavling yang ditawarkan serta keterangan sudah terjual atau belum.
Penjualan lahan di pulau itu kepada warga negara asing (WNA), memang telah dibolehkan Pemerintah Singapura sejak 17 Agustus 2004 silam. Sebaliknya, di Indonesia yang memiliki ribuan pulau dan lahan yang masih sangat luas, hingga kini masih belum ada keputusan soal boleh tidaknya WNA memiliki properti dalam jangka waktu lebih dari 25 tahun.
Keleluasaan yang diberikan pemerintah itu pun dimanfaatkan secara o;ptimal oleh Sentosa Cove Pte Ltd. Pengembang ini menjual properti di Pulau Sentosa kepada perorangan maupun menjual kavling kepada perngembang yang mampu mengembangkan proyek di sana. Sebagai kawasan terpadu, pengembang bisa mengembangkan resort atau vila yang digabungkan dengan proyek properti lainnya.
Nilai investasi untuk pengembangan proyek Sentosa Cove secara keseluruhan diperkirakan sekitar 8 miliar dolar Singapura (sekitar Rp 46,61 triliun) untuk merenovasi Kepulauan Sentosa secara keseluruhan, sesuai rencana induk yang dibuat Pemerintah Singapura. Menurut rencana, seluruh proyek Sentosa Cove akan rampung tahun 2010 mendatang.
Penjualan lahan di kawasan itu pun terbilang sukses. Menurut Robin Goh, Manajer Komunikasi Sentosa Cove Pte Ltd, proyek Sentosa Cove pertama kali diluncurkan pada 2003. Saat itu mereka berhasil menjual 189 bungalo yang terletak di bagian utara kawasan.
Baru-baru ini, Sentosa Cove Pte Ltd telah melelang 12 kavling. Luas per kavlingnya berkisar antara 643,5-1.033,4 meter persegi dengan harga jual termurah untuk kavling terkecil sekitar 3,5 juta dolar Singapura (Rp 20,3 miliar).
Pada pertengahan Oktober lalu, perusahaan ini berhasil menjual kavling di Sentosa Cove dengan harga standar penjualan sekitar 1.130 dolar Singapura per square feet (psf/per kaki persegi). Angka penjualannya pun melebihi kesuksesan penjualan pada 25 Agustus 2006 di Christie’s Great Estates Southern Precinct yang seharga 1.039 dolar Singapura per kaki persegi. “Pembelinya empat dari Singapura, dua lainnya dari Irlandia Malaysia,” ujar Goh.
Dan pada akhir pekan lalu, Sentosa Cove Pte Ltd juga menawarkan kavling bungalo yang terletak di dekat pintu gerbang Southern Residential Precinct. “Luas area yang ditawarkan untuk dijual berkisar 745,9-1.723,8 meter persegi, dengan harga pemesanan minimum sekitar 890 dolar Singapura per kaki persegi,” ujar Goh.
Sementara itu, Direktur Operasi Sentosa Cove Pte Ltd, Andrew Ing, menjelaskan, di pusat hiburan di dalam kawasan tersebut lebih ditujukan bagi pengunjung dewasa. Menurutnya, tidak banyak pusat hiburan yang cocok untuk pengunjung dewasa, yang di masa mudanya juga sering clubbing. Di Singapura, memang banyak tempat hiburan malam, tetapi kebanyakan tempat-tempat itu tak sesuai dengan keinginan pengunjung semacam itu. Ia berharap, nantinya pusat hiburan yang dikelolanya bisa menjadi tempat pertemuan bagi pengunjung semacam itu.
Diharapkan, pusat hiburan malam St James Power Station di dekat kawasan wisata Pulau Sentosa, akan menambah daya tarik kawasan itu. Paling tidak, para pengunjung akan mendapatkan banyak pilihan sesuai seleranya.
Tiga tahun lagi (2010), ketika seluruh perencanaan kawasan sudah selesai dibangun, di sana akan terdapat bungalo, lapangan golf, hotel, marina, dan tentu saja arena berjudi kelas dunia yang nakal mereduksi pengunjung Genting Highland di Malaysia. Untuk diketahui, secara keseluruhan, di dalam kawasan Sentosa Cove akan terdapat 10 ribu residen, 2.000 bungalo, dan 240 yacht atau kapal pesiar.(eddy mesakh)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s