Si Tukang Bersih-bersih

theo_2.jpgEldimatheo Vilardino Mesakh (Theo). Begitu nama anak keduaku. Anak laki-laki berusia satu tahun ini, menurutku “berbakat” jadi tukang bersih-bersih. Pokoknya dia tak bisa lihat ada sandal, sepatu, keset atau apa pun yang ada di depan pintu. Begitu lihat, dia langsung singkirkan secepatnya ke sebuah bak kecil di depan rumahku. Setelah disingkirkan, dia langsung menghadap siapa saja yang berada paling dekat dengannya sambil berujar, “Udah!”
Lucunya, dia juga memiliki tingkah bak ibu-ibu rumah tangga. Apa pun kain yang ditemukannya, pasti diletakkan di bahunya, layaknya ibu-ibu meletakkan serbet di bahu. Lalu dia berjalan berkeliling dari kamar ke kamar sambil ketawa-ketiwi.
Ada satu kelebihan anak ini. Bila ia ngompol, pasti celananya dibuka kemudian dibawa ke tempat cucian. Awalnya aku menganggap perilaku itu hanya sebuah kebetulan. Ternyata, setiap kali pipis, atau bahkan ketika kakaknya pipis dan melepas celana, langsung diambilnya untuk dibawa ke tempat cucian. Selalu setelah melaksanakan “tugas rutinnya” itu, dia pasti berujar, “Udah!”
Semua perilaku itu dia tiru dari ibunya. Sebab, ibunya selalu menyimpan sandal dan sepatu di bak kecil depan rumah kami. Mungkin menurut Theo, semua barang yang ada di depan pintu harus “disingkirkan” ke bak itu.
Demikian pula soal meletakkan kain di bahu. Kalau yang ini dia belajar dari tantenya. Memang, tantenya yang mengasuh mereka (Theo dan kakaknya Michelle), kadang-kadang terlihat meletakkan cucian atau handuk di bahunya.
Betapa cepatnya anak-anak belajar perilaku orang dewasa. Artinya, kita selaku orang dewasa, mesti berhati-hati dalam berperilaku di hadapan anak-anak, meski mereka baru berusia satu tahun sekalipun. Sebab, Theo menunjukkan kepada saya bahwa anak-anak seusia dia, bisa meniru perilaku orang dewasa dengan sangat baik. Beruntung jika perilaku kita positif. Bagaimana kalau sebaliknya? (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s