Potret Kondisi Kesehatan Ibu dan Anak Pulau

Tim Jelajah Pulau III Dilepas

SELURUH tim liputan Jelajah Pulau III Tribun-Telkomsel, telah berkumpul di ‘mabes’ Kompleks MCP Batuampar, tepat pukul 07.00 WIB, Selasa (13/3). Setiap anggota tim sudah lengkap dengan segala perlengkapan liputan, mulai dari notes, pena, kamera, obat-obatan, logistik hingga pelampung keselamatan. Pokoknya, seluruh anggota tim sudah siap 100 persen untuk menjelajahi sejumlah pulau di wilayah Kepulauan Riau.
Tepat pukul 08.00 WIB, seluruh tim peliput berangkat dari kantor redaksi menggunakan mobil menuju Pulau Galang Baru. Tanjung Cakang di ujung Pulau Galang Baru dipilih sebagai titik keberangkatan menuju pulau-pulau kecil di sekitar situ.
Tim pertama yang diberangkatkan kemarin adalah Budi dan Ronald yang tergabung dalam kelompok “Barelang Square”. Pulau pertama yang dijelajahi mereka adalah Pulau Pasir Tuda, Batu Belang, dan sejumlah pulau lain di kawasan tersebut.
Keduanya akan berkeliling pulau-pulau selama tiga hingga empat hari untuk menggali berbagai informasi mengenai kondisi masyarakat di pulau-pulau kecil. Sebagaimana liputan jelajah pulau tahun-tahun sebelumnya, ada misi khusus yang diemban dalam liputan ini. Dan kali ini, redaksi memutuskan untuk memotret kondisi kesehatan ibu dan anak-anak di pulau-pulau.
Tak sekadar liputan biasa. Keduanya sekaligus melakukan semacam assessment mengenai berbagai kondisi kehidupan masyarakat terpencil. Mulai dari kondisi kesehatan masyarakat, fasilitas kesehatan yang tersedia, kualitas pendidikan anak-anak usia sekolah, hingga potensi pariwisata dan potensi lainnya yang terdapat di pulau yang dikunjungi.
Selain pulau-pulau di sekitar Batam, Tim Jelajah Pulau juga akan menjelajahi pulau-pulau lain di wilayah Kepulauan Riau. Seperti Pulau Numbing, Siulang, dan Mantis di sekitar Pulau Bintan yang akan dijelajahi kelompok Pinang Region II yakni Sihat dan Ogas.
Pulau Mesanak dan Limas di kawasan Lingga yang akan ditelusuri Ruri dan Ramadanu yang termasuk kelompok Pinang Region II serta Zuhri dan Anwar dari kelompok Karimun Region yang akan berkeliling Pulau Tanjung Pelanduk, Durian, dan berbagai pulau lain di sekitarnya.
Total pulau yang akan dijelajahi tim liputan Jelajah Pulau Tribun-Telkomsel mencapai lebih dari 15 pulau. Diharapkan, liputan jelajah pulau ini bisa memotret secara tepat kondisi masyarakat hinterland secara lebih faktual.
Di samping itu, tim ini juga sekaligus akan menguji daya jangkau sinyal telekomunikasi seluler dari PT Telkomsel. Sebab, bila jaringan telekomunikasi ke pulau-pulau itu terlayani dengan baik, tentu akan memudahkan masyarakat pulau saat berkomunikasi dengan masyarakat di luar. Karena bagaimana pun, masyarakat yang hidup di pulau-pulau sesungguhnya adalah pertahanan pertama bagi kedaulatan negara.(edy)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s