Jeremias Pah, Maestro Seniman Tradisi

jeremias-pah.jpegSENIMAN Nusa Tenggara Timur (NTT), Jeremias Pah, beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai maestro seniman tradisi, oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar).
Jeremias mendapatkan penghargaan itu atas dedikasinya selama puluhan tahun sebagai pengrajin sekaligus ahli musik Sasando yang merupakan budaya masyarakat Pulau Rote, NTT.
Pria asal Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, dinobatkan sebagai Maestro Seniman Tradisi bersama 27 seniman lainnya dari seluruh Indonesia. Jeremias satu-satunya seniman dari NTT yang masuk daftar tersebut.
Kriteria menjadi maestro seniman tradisi yang ditetapkan Depbudpar antara lain kelangkaan tradisi, waktu menekuni tradisi paling tidak selama 20 tahun, usia lebih dari 50 tahun, kesiapan mewarisi keilmuan tradisi, dan dianggap masih perlu dibantu secara ekonomi.
“Pemberian penghargaan ini berangkat dari keprihatinan pemerintah atas kebudayaan kita yang sedemikan besar, dengan banyaknya maestro seni tradisi tapi pengetahuan mereka tidak ditularkan dan diwariskan ke generasi selanjutnya,” ujar Dirjen Nilai Budaya Seni dan Film (NBSF) Dr Mukhlis Paeni.
Para seniman digaji oleh pemerintah sebesar Rp 1 juta per bulan. Diharapkan perhatian itu membuat para maestro seni dapat lebih berkonsentrasi menularkan keilmuan mereka atas penguasaan seni tradiri. “Honorariun transfer pengetahuan akan dihentikan jika para maestro itu dianggap tidak mampu lagi mewariskan keilmuannya,” katanya.
Pemilihan 27 nama itu melibatkan sejumlah pakar dalam bidangnya masing-masing seperti Dr Mukhlis PaEni, Romo Mudji Sutrisno, Nano Riantiarno, Prof Dr Achadiati, Prof Sardono W Kusumo, Prof Dr Sapardi Sjoko Damono, Prof Dr Ida Sundari Husen, Titi Said, dan Dr Pudentia MPSS MA.(*)

Iklan

6 thoughts on “Jeremias Pah, Maestro Seniman Tradisi”

  1. Jadikan musik sasando kebanggaan org Rote tp kami org Rote diperantauan harap bisa dilestarikan dgn cara diajarkan kepada generasi muda yg asalnya dari Rote. Sasando the best music ……!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s