Kalah Top dari Soeharto

JUSUF Ronodipuro, penyebar kabar Proklamasi Kemerdekaan, sedang terbaring sakit. Namun sakitnya saksi sejarah kemerdekaan bangsa itu luput dari perhatian media massa dan pemerintah yang lebih memperhatikan berita Soeharto.
Jusuf yang kini berusia 89 tahun, atau dua tahun lebih sepuh dibanding Soeharto, terbaring di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gator Soebroto, Jakarta. “Bapak dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta sejak 14 Desember,” kata pembantu rumahnya via telepon, Kamis (24/1).
Keluarga Jusuf tinggal di Jl Talang Betutu, Jakarta Pusat. Seorang putrinya, ketika ditelepon juga membenarkan, ayahnya sedang dirawat di RSPAD. Disinggung soal ongkos perawatannya apakah dibantu pemerintah atau dari keluarga sendiri, ia tak bersedia menjawab. “Saya tidak bisa kasih comment lain. Pokoknya bapak dirawat di Gatot Soebroto, pesan ibu saya begitu,” katanya.
Informasi yang diterima, Jusuf yang juga penggagas rekaman ulang pembacaan Proklamasi oleh Bung Karno, lima tahun setelah 1945 itu, sedang kesulitan ongkos perawatan. Ia menderita stroke sejak lama.
Akibat sakit itu, suaranya terbata-bata dan sebelum masuk rumah sakit. Kehidupannya pun tergantung pada kursi roda. “Itu karena rokok. Anda juga merokok? Stop it!” saran istrinya, Siti Fatma Rasad, dalam sebuah wawancara dengan Harian Surya menjelang 17 Agustus 2007 lalu. Fatma, 82 tahun, adalah putri dr Sofyan Rasad, dokter kepresidenan semasa Bung Karno.
Jusuf saat itu manggut-manggut, pertanda setuju, anak muda selayaknya berhenti merokok. Tapi Jusuf lantas mengeluarkan koleksi aneka cerutu dari kotaknya. Bekas Duta Besar RI untuk Argentina dan sejumlah negara lainnya itu memberikannya sebatang. “Buat kenang-kenangan,” kata penggagas aransemen ulang lagu Indonesia Raya itu.
Tak banyak, memang, yang mengikuti kondisi Jusuf saat ini, termasuk pemerintah. Perhatian negara jauh berbeda dengan penanganan Soeharto yang saat ini juga sedang terbaring di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta. Cepat sembuh, Pak Jusuf… (surya/Yuli Ahmada)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s