Resort Eksotis di Ujung Barat Batam

* Melancong ke KTM Resort Tanjungpinggir

ORANG luar lebih mengenal Pulau Batam karena industrinya. Tak banyak yang tahuPatung Kwan Im di KTM resort kalau pulau kecil ini juga menarik sebagai daerah wisata yang tak kalah eksotis dibanding Pulau Dewata, Bali. Wisata pantai tersebar hampir di setiap sisi pulau ini, dari timur ke barat, utara sampai selatan.
Rasanya hampir seluruh bagian pulau ini merupakan tempat wisata yang indah. Belum lagi 6-7 lapangan golf bertaraf internasional yang tersebar di berbagai lokasi. Ada yang di tengah kota, pun di ujung timur, di kawasan wisata Nongsa.
Di sisi barat pulau industri ini terdapat sebuah resort indah. Layaknya kebanyakan resort di Pulau Batam, resort ini juga dibangun persis di bibir pantai. Bahkan sebagian fasilitasnya menjorok ke laut, seperti ruang-ruang massage&spa yang berdiri persis di bibir pantai. Atau restoran yang dibangun di atas pancangan pelantar beton, menjorok kira-kira 30-40 meter ke tengah laut. Itulah KTM Resort di kawasan Tanjungpinggir, Sekupang. Jaraknya kira-kira 25-30 km dari Batam Centre, pusat pemerintahan Kota Batam. Di sana, kita bisa duduk santai di bawah atap “rumah payung” yang berjajar di tepi pantai, memandang indahnya sunset Restoran di KTM Resortalias matahari terbenam, sambil menikmati segarnya air kelapa muda. Atau menyantap sajian istimewa di restoran sambil memancing. Dari posisi yang sama kita bisa memandang lalu-lalang perahu nelayan maupun kapal-kapal besar, melaju membelah air, meninggalkan buih-buih putih di antara gugusan pulau-pulau kecil.
Jika melempar pandangan lebih jauh, tersuguh gedung-gedung pencakar langit di Singapura, negeri tetangga nan kaya-raya. Kalau malam, gemerlapnya lampu berwarna-warni di negeri Merlion itu semakin terlihat indah. Apalagi kalau permukaan laut sedang tenang, bias cahaya berkilau di permukaan air menerobos hingga depan mata kita. Hmmm… sebuah pemandangan nan romantis.
Dalam area resort, di sisi barat, terdapat dua kolam yang dibangun bertingkat. Di sebelah atas berisi air tawar sebagai kolam pemandian. Di bawahnya kolam air asin yangUkiran Nama KTM Resort terhubung kanal ke laut, di bawah kamar-kamar massage&spa. Permukaan kolam ini naik-turun mengikuti pasang-surutnya laut.
Dalam kolam air asin itu terdapat aneka jenis ikan laut warna-warni. Dari ukuran kecil sampai besar. Ada yang berenang bergerombol dan ada yang soliter, berenang sendiri-sendiri.
Bagi yang hobi memancing atau doyan makan ikan, bisa ngiler melihat ikan yang

tampaknya gemuk-gemuk itu. Tapi awas, dilarang memancing di kolam ini. Anda bisa dikenai denda Rp 100 ribu per ekor ikan yang berhasil dipancing.
Di antara kedua kolam itu tersusun batu-batuan (kerikil) yang berfungsi sebagai “alat pemijat”. Ada dua jenis “alat pemijat”. Di sisi atas ukuran batunya lebih besar dengan permukaan tumpul. Batuan di bawahnya lebih kecil dengan permukaan agak tajam. Bagi

Vila KTM Resort

pengidap reumatik maupun yang peredaran darahnya kurang lancar, silakan

berjalan-jalan di atas bebatuan yang “dikunci” dengan semen itu. Telapak kaki serasa dipijat. Konon, jika kaki terasa sakit berarti yang bersangkutan sedang mengalami penyakit tertentu. Setelah berjalan beberapa menit di atas “alat pijat” itu, peredaran darah terasa lebih lancar. Bisa jadi terapi pengobatan alternatif.
Di sisi kanan kolam, persis di bibir pantai, dibangun koridor dari tiang-tiang kayu beratap kanvas putih dan krem, berjajar rapi menuju ruang-ruang yang terbuat dari kayu bercat cokelat. Di dalam ruang-ruang itu ada layanan massage&spa. Juga terdapat bak berisi air hangat dengan asap mengepul, untuk terapi kesehatan dan kecantikan. Terus ke ujung, terdapat tebing batu cadas yang persis di bawahnya ada gua-gua kecil. Biasanya orang bersembahyang di gua-gua itu.
Sebuah jembatan kayu di sisi kolam air asin terhubung ke barisan vila-vila kayu yang berjajar mengikuti lekukan tebing. Ada yang bertingkat-tingkat, mengikuti kemiringan tebing cadas. Seluruh bangunan berbahan kayu dengan penyangga beton.Vila
Rasanya nyaman sekali bila berlibur bersama pasangan atau keluarga dan menginap di vila-vila yang dilengkapi fasilitas layaknya hotel bintang 5 itu.
KTM Resort menjadi tempat berakhir pekan para turis dari Singapura dan Malaysia. Biasanya mereka datang pada Jumat sore dan kembali ke negerinya Minggu sore. Yah, mereka sudah terbiasa bolak-balik Batam-Singapura yang hanya butuh waktu paling lama 1 jam pelayaran menggunakan feri cepat. Lagipula beristirahat di Batam jauh lebih nyaman dan tentu saja lebih murah dibanding di Singapura maupun Malaysia.
Tapi jangan kira pengunjung resort ini hanya turis dari kedua negeri tetangga itu. Banyak juga turis Eropa dan Amerika berlibur di tempat nan eksotis ini. Wisatawan lokal (warga Kota Batam) juga boleh berkunjung. Biasanya warga Batam berwisata di sini pada hari Minggu atau hari libur.

PemandanganKTM Resort terkenal dengan patung Dewi Kwan Im. Patung bercat putih dan menjulang setinggi kira-kira 25 meter itu berdiri kokoh di pinggir tebing, dekat sebuah pohon beringin besar dan rindang. Inilah ikon KTM Resort. Berdiri menghadap lautan. Umat Budha di Batam maupun turis dari Malaysia dan Singapura, biasa bersembahyang di patung Dewi Kwan Im ini. Semakin banyak orang yang bersembahyang di sini pada hari raya keagamaan. Yah, tempat ini biasa menjadi objek wisata rohani bagi umat Budha.
Tak sulit menemukan KTM Resort. Arahkan saja kendaraan Anda menuju Pelabuhan Beton, Sekupang. Persis berhadapan dengan gerbang pelabuhan, berbeloklah ke sisi kanan. Ikuti saja jalan aspal itu, lalu berbelok ke kiri. Kira-kira lima menit perjalanan dari pelabuhan, Anda sudah memasuki area KTM Resort. Jika sedang berkunjung ke Batam, mungkin resort ini bisa menjadi alternatif melepas penat.(*)

Iklan

2 thoughts on “Resort Eksotis di Ujung Barat Batam”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s