Harta 150 Orang Terkaya “Hanya” Rp 208,84 T

* Ada Tambahan 12 Orang Kaya Baru

DALAM rangkuman majalah Globe Asia, total kekayaan 150 orang terkaya di Indonesia mencapai 22,7 miliar dolar AS atau “hanya” sekitar Rp 208,84 triliun (asumsi kurs Rp 9.200 per dolar AS). Nilai kekayaan mereka meningkat 30 persen dari tahun lalu sebesar 69,3 miliar dolar AS.

Globe Asia melaporkan bahwa ada tujuh orang miliuner baru yang masuk daftar. Sebanyak 8 dari 15 orang terkaya Indonesia mengumpulkan kekayaan dari lonjakan harga-harga komoditas dan energi.

Majalah Globe Asia juga mengumumkan 12 orang kaya baru (OKB) di Indonesia masuk dalam daftar 150 orang terkaya. Menurut GlobeAsia Publisher Tanri Abeng, 12 OKB itu menunjukkan jiwa kewirausahaan generasi muda Indonesia yang makin banyak. Hal ini dinilai lebih menguntungkan bagi negara.

“Makanya pemerintah harusnya memfasilitasi jiwa kewirausahaan mereka. Karena semakin banyak orang kaya, secara langsung berarti kan menambah pajak. Kemudian juga mereka bisa menginvestasikan ulang dana mereka di dalam negeri sehingga menambah lapangan pekerjaan,” kata Tanri Abeng.

Berikut daftar 12 orang kaya baru itu antara lain Martias, First Resoureces (plantation) dengan kekayaan sebesar 410 juta dolar AS, AHK Hamami, Trakindo Utama (heavy equipment/330 juta dolar AS), Suryadi Darmadi, Duta Palma Group (plantations, banking/220 juta dolar AS), Djoenadi Joesoef, Konimex (pharmaceuticals/185 juta dolar AS), Yusuf Meruk, Merukh Enterprise (mining/174 juta dolar AS).
Selanjutnya Siswono Yudohusodo, Bangun Cipta Sarana (infrastructure, property, tourism/170 juta dolar AS), Airlangga Hartarto, Fajar Wisesa (engineering, chemical, manufacturing/144 juta dolar AS), Benny Subianto, Persada Capital (coal, agroindustry/130 juta dolar AS).

Berikutnya, Ana Bambang Matofani, Kirana Tanker (investments/129 juta dolar AS), Jacobus Busono, Pura Group (printing fuel distribution/90 juta dolar AS), Rosan Roeslani, Recapital Advisor (investments/85 juta dolar AS), dan Supramu Santosa, Star Energy (energy/75 juta dolar AS).

Secara umum, total kekayaan 150 orang terkaya Indonesia 2008 mencapai 69,3 miliar dolar AS atau meningkat dari 2007 yang “hanya” sebanyak 46,6 miliar dolar AS. Rata-rata kekayaan yang dimiliki 150 orang tersebut adalah 448 juta dolar AS, naik dibanding 2007 yang “hanya” 311 juta dolar AS.

Perbedaan kekayaan antara orang terkaya nomor 1 dengan nomor 150 pada tahun ini mencapai 144 kali, jauh berlipat dibanding 2007 yang hanya 84 kali. Sedangkan rata-rata usia kaum “the have” itu tak jauh berbeda, yaitu 44 tahun, berbeda tipis dengan 2007 yang 43 tahun.(*)

Iklan

7 thoughts on “Harta 150 Orang Terkaya “Hanya” Rp 208,84 T”

  1. ternyata uda bnyak orang kaya di indonesia ini,, tetapi kenapa orang kaya tersebut tidak melihat mereka yang berkekurangan…. apakah masih ada nilai kerukunan sebagai warga Indonesia?? sebab kerukunan itu adalah harus memperdulikan sesama.. yaitu mereka yang lemah, dan yang berkekurangan…

    mari buka pintu hatimu,,,, pandang mereka dan ulurkanlah tanganmu untuk memberkati mereka,, Berkat yang Tuhan percayakan kepadamu, tidak hanya untuk dirimu saja, namun untuk bisa anda memberkati orang lain…

    salam damai sejahtera…!!

    Suka

  2. Emang enak jadi orang kaya mau buka usaha ada modal, males keluar modal tinggal utang ke bank pasti di percaya, la gw, mau buka usaha binggung cari modal, mau utang ke bank repot cape di tolak terus.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s