Ical: Angkanya Nggak Realistis

* Bantah Hitungan Majalah Globe Asia

ABURIZAL Bakrie membantah hitungan majalah Globe Asia atas kekayaannya, yang disebut mencapai 9,2Aburizal Bakrie miliar dolar AS atau sekitar Rp 84,64 triliun (asumsi kurs Rp 9.200 per dolar AS). Menurut Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) itu, hitungan Globe Asia tak realistis. (Soalnya kalo memang benar besarnya segitu, berat betul waktu harus bayar pajak).

“Saya sudah baca beritanya. Setelah dihitung, nilainya jauh di bawah itu. Angkanya nggak realistis. Tanya ke Globe aja deh,”kata bos Bakrie Grup itu kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (27/5/2008).

Sehari sebelumnya, majalah Globe Asia mengumumkan bahwa pria yang akrab disapa Ical itu adalah orang terkaya se-Asia Tenggara sekaligus se-Indonesia. Pengumuman itu dilakukan di Ritz Carlton SCBD, Jakarta, Senin (26/5) oleh Tanri Abeng selaku publisher Globe Asia.

Tanri Abeng mengatakan, nilai kekayaan mantan Menko Perekonomian itu meningkat 9 kali lipat dari data kekayaan 2007 yang ‘hanya’ sekitar 1,05 miliar dolar AS.

Majalah itu juga menyatakan bahwa di Indonesia terdapat 12 orang kaya baru (OKB) yang masuk daftar 150 orang terkaya Indonesia. Total kekayaan yang dimiliki 150 orang terkaya tersebut mencapai 22,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 208,840 triliun.

Disebutkan bahwa dua warga negara Indonesia masuk dalam lima besar orang terkaya di Asia Tenggara, yakni Aburizal di urutan teratas dan Budi Hartono (bos Djarum) di posisi 4. Kekayaan Budi sebesar 6,8 miliar dolar AS (sekitar Rp 62,56 triliun).

Menurut Globe Asia, kekayaan Ical naik tajam berkat lonjakan harga komoditas. “Kekayaannya ini selain karena dipicu harga komoditas, juga karena taktik bisnis yang sangat baik. Ia menjual sedikit aset, lalu dia pinjam uang. Kemudian dia bisa menghasilkan jauh lebih banyak dari bunga yang harus bayar. Itu yang membuat asetnya meningkat pesat,” jelas Tanri Abeng, Senin (26/5/2008).(diolah dari detikcom)

Iklan

2 thoughts on “Ical: Angkanya Nggak Realistis”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s