Mohon Jangan Hancurkan Negara Kita

Demo

SIAPA pun Anda yang berada di balik semua kekacauan ini, mohon jangan menghancurkan negara kami yang indah dan penuh keragaman ini. Kami sudah muak melihat kekacauan demi kekacauan yang tak berujung ini. Hari ini ribut dan berkelahi soal ini. Besok kita ribut lagi soal yang lain. Dan entah apa lagi bentuk dan rupa kekacuan yang akan datang. Apa maksud di balik semua ini?

Bukankah kita semua sama-sama warga negara Indonesia? Kenapa sesama kita berkelahi sendiri? Kenapa terus saling tuding dan mengancam sana-sini? Bahkan ada semacam ancaman terhadap pemeluk keyakinan lain untuk tidak ikut campur dan sebagainya? Apalagi mengkait-kaitkan dengan bangsa dan negara lain tanpa dasar analisis yang benar dan objektif. Apa maksudnya semua ini?

Bagaimana pun, semua persoalan yang terjadi saat ini berkaitan langsung dengan segenap warga negara ini. Persoalan kita bersama sebagai warga negara Indonesia. Siapa pun dia. Baik yang berkulit putih, kulit cokelat, hitam, kuning. Berambut lurus, ikal, keriting, kribo, dan sebagainya. Karena kita memang negara yang penuh keberagaman. Kontrak sosial berbentuk Republik Indonesia ini memang terdiri atas berbagai bentuk manusia itu.

Mengapa harus ada pengkotak-kotakan mengenai keyakinan ini dan itu? Untuk apa? Jadi siapa saja yang berhak di negeri ini? Sebaiknya semua orang yang mulutnya gatal untuk berkomentar kepada pers atau kepada khalayak ramai, mohon dipikirkan berkali-kali sebelum terucap. Pikirkan berkali-kali mengenai konsekuensi yang bakal ditimbulkan oleh ucapan kita. Jangan lagi seenaknya melontarkan statement yang kemudian bisa memicu polemik dan persoalan baru.

Persoalan di negeri ini sudah terlalu banyak. Perekonomian negara kita sedang menuju kondisi sekarat. Melonjaknya harga bahan bakar minyak (BBM) telah membuat kita semua pusing tujuh keliling. Tingkah polah para politisi juga semakin membuat kita pusing dan bingung. Mengapa kita menjadi seperti ini?

Ini negara milik kita bersama. Semua yang kita pikirkan dan lakukan haruslah demi kebaikan negara kita. Supaya kita bisa berdiri sejajar dengan bangsa lain. Kalau kita berkelahi terus, menempatkan diri kita dalam kelompok-kelompok eksklusif, merasa diri mayoritas dan minoritas, dan sikap-sikap sejenis itu, kapan kita bisa maju bersama? Kapan kita bisa keluar dari karut marut dan segala rupa persoalan yang menyebabkan keterpurukan bangsa ini?

Bukankah kita menganut Bhineka Tunggal Ika? Atau ada di antara kita yang sudah tak suka lagi dengan asas itu? Tolonglah, siapa pun atau dari kelompok manapun Anda, mohon tidak menghancurkan negara kita.

Yah, kami sudah kesal dan muak. Sebagai seorang wartawan sekalipun, saya pribadi sudah muak dan bosan membaca, menonton, dan mendengar berita-berita mengenai kerusuhan ini dan itu. Lihatlah perekonomian negara-negeri kecil di sekitar kita terus melesat. Industri mereka terus bertumbuh, penyerapan tenaga kerja meningkat dan bahkan kekurangan tenaga kerja. Dengan sumber daya yang sangat terbatas, namun mereka terus maju. Negara kita yang kaya raya malah terpuruk dan semakin terpuruk.

Investor mana yang berani masuk ke negara yang penduduknya terus berkelahi? Akhirnya daya serap tenaga kerja pun semakin menurun. Bahkan, kalau kita terus berkelahi, investor yang sudah ada pun akan kabur. Lalu pengangguran melonjak dan kita semakin miskin.

Akhirnya kita hanya bisa terkagum-kagum melihat bangsa-bangsa lain maju dan semakin modern. Kita juga ingin seperti mereka. Bahkan senantiasa bertanya, kapaaaan…. negaraku bisa seperti itu. Tapi salah kita sendiri. Kenapa tak mau berhenti berkelahi dan terus merasa benar sendiri?(*)

petugas keamanan

Iklan

2 thoughts on “Mohon Jangan Hancurkan Negara Kita”

  1. saya sepakat dengan bung eddy, saya ada tulis opini dengan nada yang sama. Hal-hal yang terjadi belakangan ini membuat saya berpikir bahwa jiwa dan pemikiran kolektif bangsa ini tidak akan bisa menyelamatkan dirinya dari kehancuran. Sepertinya yang konstan pada bangsa ini adalah proses “pengkorupsian” itu sendiri, cukup tragis pada bangsa yang mengaku mengusung banyak nilai luhur.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s