Sverkos, Sang Debutan Sempurna

Logo Euro 2008KENDATI merupakan top skor Liga Ceko (Liga Gambrinus) musim ini, namun tak banyak orang (terutama di Indonesia), mengenal nama Vaclav Sverkos. Namanya kalah berkibar dibandingkan Pavel Nedved (Juventus), Milan Barros (Portsmouth), Jan Koller (Nuremberg), Tomas Ujfalusi (Fiorentina), atau Petr Cech (Chelsea).

Namun, pastinya nama Sverkos langsung melejit, karena menjadi pencetak gol pertama EuroVaclav Sverkos 2008. Gol pertama itu dicetak pada menit ke-71, ke gawang tuan rumah Swiss yang dikawal kiper Diego Benaglio (VfL Wolfsburg), pada pertandingan pertama Euro 2008 di Stadion St. Jakob-Park, Basel, Swiss, Sabtu (7/6/2008). Pemain berpostur 185/72 itu mencetak gol tersebut setelah masuk menggantikan striker jangkung, Jan Koller, pada babak kedua.

Ketika dipanggil pelatih Karel Bruckner untuk masuk dalam daftar 23 pemain yang dibawa ke Austria-Swiss, striker klub Banik Ostrava itu berjanji siap membayar kepercayaan tersebut dengan prestasi. Kendati dia bukan pilihan utama Bruckner, yang telah mempunyai dua pemain top di lini depan, yakni Jan Koller dan Milan Barros.

Benar saja. Sverkos yang memakai kaus bernomor 10 itu langsung membuktikan janjinya dengan mencetak gol pertama bagi negaranya, sekaligus gol pertama Euro 2008. Kalo gol kedua :D Euro 2008 diceploskan oleh bek Portugal, yakni Pepe (Real Madrid), ke gawang Turki.

Sverkos pernah bermain untuk klub Jerman Borussia M’Gladbach musim 2003/2004 dan menyumbangkan 9 gol dari 30 pertandingan. Musim 2004/2005, dia juga menyumbangkan 7 gol bagi klub yang sama dalam 26 penampilan.

Musim 2005/2006, dia sempat singgah di Hertha Berlin dan bermain pada 10 pertandingan. Kemudian kembali lagi ke Borussia M’Gladbach dan tampil dalam 13 pertandingan, tapi hanya mencetak satu gol. Musim 2006/2007, hingga Januari 2007, Sverkos hanya tampil dalam 6 pertandingan bersama Borussia M’Gladbach.

Selanjutnya pemuda 24 tahun yang juga pernah membela Austria Vienna, itu kembali ke negaranya dan membela klub Banik Ostrava. Di klub lokal tersebut, Sverkos tampil sebagai striker tersubur musim ini, yakni sukses menceploskan 15 gol.

Sverkos sudah sering membela negaranya sejak masih remaja, yakni masuk skuad timnas U-15. Kemudian masuk skuad Timnas U-19 dan U-21. Tapi untuk level senior, dia baru dua kali tampil membela negaranya pada pertandingan internasional. Debutnya di tim senior Republik Ceko baru dilakukan pekan lalu, saat pertandingan persahabatan melawan Lithuania pada 27 Mei 2008. Dia dimasukkan Bruckner ke daftar pemain untuk Euro 2008 pada 14 Mei 2008.

Nah, bila bicara kompetisi besar, Euro 2008 adalah debutnya. Hasilnya, pemain kelahiran 1 November 1983, ini tampil sebagai debutan yang sempurna. Selamat…!(eddymesakh/diolah dari SINI, SINI, & SINI)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s