Pengkhianatan Podolski

* Membela Negara, Mengalahkan Bangsa Sendiri

Lukas PodolskiLogo Euro 2008MEMBORONG dua gol kemenangan Jerman atas Polandia pada pertandingan pertama Grup B, jelas membuat Lukas Podolski tampil sebagai pahlawan negaranya. Tapi dua gol itu sekaligus sebagai ‘pengkhianatan’ Podolski terhadap negeri leluhurnya. Sebab, dia berkebangsaan Polandia. Bahkan lahir di Polandia pada 4 Juni 1985.

Meski begitu, perasaan penyerang berjuluk “Prinz Poldi” ini campur aduk. Ada kegembiraan sekaligus kesedihan. Itulah sebabnya dia tak merayakan secara berlebihan gol yang diciptakannya ke gawang Polandia. “Aku tak merayakan gol pertamaku sebagai tanda penghormatan kepada Polandia. Aku masih punya keluarga besar di Polandia dan aku lahir di sana. Aku ingin menunjukkan rasa hormat kepada mereka,” ujarnya usai pertandingan.

Dia bahkan menempelkan kedua telapak tangannya ke arah suporter Polandia, sebagai permintaan maaf. Menariknya, gol pertama di menit ke-20 itu tercipta berkat kerjasama Podolski dan Miroslav Klose yang juga keturunan Polandia.

“Kami memang meraih kemenangan penting pada pertandingan pemuka di Grup B. Tapi, kemenangan itu tak terlalu membahagiakan diriku. Sebab, aku adalah asli Polandia dan sebagian besar keluargaku masih ada di sana,”ujar Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2006 itu.

Podolski Lompat PagarUsai pertandingan, dia langsung mengenakan jersey nomor 18 milik midfielder Polandia, Mariusz Lewandowski, dan melompati pagar pembatas untuk menemui para pendukung Polandia.

“Hatiku seperti terbelah dua. Sebagai warga Jerman dan orang Polandia. Beberapa keluargaku ada yang duduk di tribun tempat para suporter Polandia berada. Maka, aku segera mendatangi mereka setelah pertandingan usai,” ujarnya sedih.

Begitulah sikap yang harus ditunjukkan seorang profesional. Tampil total demi tim yang dibelanya, kendati lawan yang dihadapi adalah negeri leluhurnya sendiri.(*)

Iklan

3 thoughts on “Pengkhianatan Podolski”

  1. Nurut pendapat aku cihhhhhhhhhhh itu sesuatu hal yang wajar aja ….. btw untuk sementara ini kan dia main di negara Jerman yaaaaaaa………. otomatis lahhhhhhhh dia harus membela Tim kesayangannya,,,,,,, yaitu tim germany,,,,, meskipun dia lahir di negara polandia tetapi dia kan sudah mengharumkan negara Germany….. sesuatu yang wajar aja nurut pendapat aku cihhhhhhhhh

    Suka

  2. manusia cm debu,yg enteng d bw angin.kalo wong dl blg,dmn bumi dpidek dstu langit djunjung. Yo wis piye neh? Salam kenal Sodara..smg sy bs dolan ke blog Panjenengan lg kapan2.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s