Kado Ultah dari Sneijder

Logo Euro 20089 Juni 2008, Wesley Sneijder menginjak usia 24 tahun. Pemuda kelahiran Utrecht, Belanda, ituWesley Sneijder merayakan ulangtahunnya dengan penampilan gemilang untuk memberi kado istimewa bagi Negeri Kincir Angin.

Sebuah gol spektakuler dia ciptakan di menit 31, ke gawang Gianluigi Buffon yang mengawal gawang Italia pada pertandingan Grup C Euro 2008 di Stade de Suisse Wankdorf, Swiss, Senin ( 9/6/2008 ) atau Selasa dinihari waktu Indonesia.

Umpan silang Giovanni van Bronckhorst diteruskan Dirk Kuyt melalui sundulan ke sisi kiri gawang, lalu disambut tendangan voli Sneijder yang tak bisa dihalau Buffon. Itulah gol kedua Belanda, setelah gol pertama Ruud van Nistelrooy pada menit 26. Gol pertama Tim Oranye juga tercipta berkat umpan silang Sneijder. Sementara gol ketiga disumbangkan oleh van Bronckhorst di menit 79, memanfaatkan umpan Kuyt.

Pemain yang mengenakan kostum nomor 10 itu memang tampil luar biasa di hari ulangtahunnya. Selain satu gol dan sebuah assist, secara umum midfielder Real Madrid itu bermain gemilang. Sehingga dia layak menjadi man of the match pada laga tersebut.

Pertandingan melawan Italia kemarin merupakan laga ke 44 Sneijder bersama timnas Belanda, sekaligus mencetak gol internasional ke 11, sejak masuk timnas tahun 2003 silam.

Mantan pemain Ajax Amsterdam itu memang berasal dari keluarga sepakbola. Ayahnya adalah mantan pemain sepakbola. Jeffrey kakaknya kini bermain untuk klub Stormvogels Telstar dan adiknya, Rodney, kini sedang belajar di akademi sepakbola Ajax.

Di level klub, pemain berpostur 170/67 itu juga tak kalah mengkilap. Ia tampil 126 kali bersama Ajax pada periode 2002-2007 dan menyumbangkan 43 gol. Kemudian bergabung bersama Real Madrid mulai 2007. Di klub elite Spanyol itu, Sneijder dipercaya mengenakan jersey bernomor 23, yang sebelumnya dikenakan David Beckham. Dalam 30 penampilan bersama Madrid, Sneijder telah menyumbangkan 10 gol.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s