Urip Minta Uang Suap di Jalan Tol

* Didakwa Peras Glenn Yusuf Rp 1 M

JAKSA (non aktif) Urip Tri Gunawan mulai diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa ( 24/6/2008 ). Urip terancam hukuman 15 tahun penjara.

Dalam persidangan tersebut, ternyata Urip tak hanya didakwa menerima suap dari Artalyta Suryani sebesar 660 ribu dolar AS. Mantan ketua tim penyelidik kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), untuk Bank BDNI milik Sjamsul Nursalim, itu juga menerima suap dari mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Glenn MS Yusuf senilai Rp 1 miliar.

Rupanya jaksa tinggi besar itu tak sekadar menerima suap sebagaimana yang diterimanya dari Artalyta. Dalam dakwaan disebutkan bahwa Urip mengancam Glenn menjadikan Glenn sebagai tersangka kasus

Tentu saja Glenn ketakutan sehingga terpaksa menyerahkan uang kepada Urip. Kendati disinyalir Glenn kemungkinan juga terlibat dalam kasus BLBI

Dalam dakwaan pemerasan disebutkan bahwa ketika Urip ditugasi menyelidiki kasus BLBI terkait Bank BDNI milik Sjamsul Nursalim, . untuk kepentingan penyelidikan, Urip dan timnya melakukan pemeriksaan terhadap Glenn Yusuf.

Pada 29 Januari 2008, Urip memanggil Reno Iskandarsyah, kuasa hukum Glenn Yusuf untuk bertemu dengan dia di ruang kerjanya, Gedung Bundar, Kejagung. Urip menginformasikan bahwa Glenn akan menjadi tersangka.

“Di dalam pertemuan, terdakwa (Urip) menyampaikan pesan kepada Reno Iskandarsyah, bahwa kesimpulan hasil penyelidikan dapat diubah. Namun itu tergantung pada terdakwa dan Glenn Yusuf. Serta meminta agar Glenn Yusuf menyerahkan sejumlah uang,” ujar jaksa Dwi Aries saat membacakan dakwaan.

Takut dijadikan tersangka, Glenn Yusuf pun memberikan Rp 110 juta kepada Reno di kantor Menara Karya lantai 6, Jaksel. Pada 31 Januari 2008, Reno datang ke ruang kerja Urip dan menyerahkan uang tersebut.

“Terdakwa merasa pemberian Rp 110 juta tidak sesuai keinginannya, selanjutnya meminta Reno memberikan Rp 1 miliar,” lanjut jaksa Zet Tadung Allo. Urip bahkan berulangkali menelepon Reno agar uang tersebut segera diserahkan.

Pada 4 Februari 2008, Urip dan Reno melakukan pertemuan di pintu keluar tol Kalimalang II. Kepada Urip, Reno mengatakan kliennya tidak mampu memenuhi Rp 1 miliar.

“Namun terdakwa tetap meminta agar Glenn Yusuf menyediakan dana yang dimintanya dengan mengatakan agar dibisa-bisakan dan susah apabila tidak dipenuhi permintaan saya,”lanjut jaksa Tadung Allo.

Akhirnya Glenn Yusuf memberikan 90 ribu dolar AS dan 100 dolar AS kepada Reno. Selanjutnya, pada 13 Februari 2008 di Delta Spa dan Message Grand Wijaya, Jakarta Selatan, Reno menyerahkan uang tersebut kepada Urip.(*)

Iklan

One thought on “Urip Minta Uang Suap di Jalan Tol”

  1. Akhirnya Glenn Yusuf memberikan 90 ribu dolar AS dan 100 dolar AS kepada Reno. Selanjutnya, pada 13 Februari 2008 di Delta Spa dan Message Grand Wijaya, Jakarta Selatan, Reno menyerahkan uang tersebut kepada Urip.(*)

    Jaksa bejat
    Yah pastinya langganan panti pijat

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s