Selesai Pukul Tiga…

JARUM pendek jam dinding bulat yang menempel pada dinding, persis di depanku, sudah hampir sampai angka 2. Inop masih sibuk juga. Ridwan, Adith, Wahyu, Beni, dan Remi juga mondar-mandir. Opung sudah pulang. Aku sendiri sudah santai sejak pukul 1 kurang sedikit. Lagi asyik baca berita bola di kompas.com.

Tapi Inop mondar-mandir. Pindah dari satu komputer ke komputer lain. Awalnya di komputer Rahman di sebelah kananku. Lalu pindah ke komputer Eko yang berjarak lima komputer di sebelah kananku. Tau-tau sudah ada di komputer Beni yang berjarak lima komputer di sebelah kiriku. Jarum pendek sudah di angka 2 dan jarum panjang sudah dekat sekali dengan angka 12.

“Kenapa Nop?”tanyaku. “Ini, filenya nggak bisa dikirim ke imaging,” jawab dia.

“Komputer rusak? tanyaku lagi. “Iya,” jawab Inop yang menggunakan komputer Rahman. Lehernya terlihat lebih pendek, tenggelam dalam kedua bahunya yang diangkat tinggi-tinggi.

“Lho, itu lagi bikin apa?” tanyaku. “Halaman satu nggak bisa dikirim ke imaging,” jawab Inop.

“Haah…! Belum beres?” Aku baru sadar. Dari tadi kupikir dia sedang mengerjakan cetakan komersil. Rupanya pekerjaan pokok kita sendiri yang belum beres. Jarum pendek berada persis di antara angka 2 dan angka 3.

“Waduh…jadi gimana ini? Ridwan, apa masalahnya?” tanyaku ke anak TI itu. “Rusaknya di bawah Mas. DI komputer imaging,” jawab dia.

“Coba copy filenya ke flash disk aja. Siapa yang bawa flash disk?” tanya Wahyu.

“Ini ada.” jawab Adith. Setelah dicoba, eh kagak bisa juga.

“Oke…beres. Sudah bisa…!” teriak Inop yang duduk di posisi Beni. Ridwan, Beni, dan Wahyu masih di komputer Rahman.

Jarum pendek sudah di angka 3. Jarum panjang di angka 2. Sudah pukul 03.10 WIB, baru koran edisi Rabu ( 9/7/2008 ) turun ke percetakan. Kita terlambat cetak.

Yah… hampir semua komputer produksi yang digunakan anak-anak layoutman sudah kadaluwarsa. Lewat masa pakai karena sudah uzur. Umurnya sudah empat tahun lebih, dengan beban kerja cukup tinggi. Sudah saatnya komputer-komputer itu pensiun.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s