Masa Kampanye Tiba, Saatnya Bentrok Massa

MULAI hari ini, Sabtu ( 12/7/2008 ) hingga 5 April 2009, partai politik peserta Pemilu 2009 sudah bisa mulai kampanye. Ini sebuah masa kampanye yang sangat panjang. Hampir 9 bulan, 34 parpol kontestan akan berupaya keras merayu rakyat Indonesia untuk memilih mereka.

Selain memperkenalkan program melalui forum-forum terbatas, parpol juga akan mengerahkan massa ke lapangan-lapangan terbuka. Parpol A kampanye di lapangan bola, parpol B kampanye di tanah lapang entah di mana, parpol C, D, dan seterusnya, entah di mana lagi. Lalu massa kedua parpol bertemu di jalan raya. Saling olok, saling ejek. Akhirnya bentrok massa tak terhindarkan.

Tentu saja itu bukan omong kosong. Pengalaman tiap kali masa kampanye ya seperti itu. Baik itu kampanye pemilu seperti 1999 dan 2004, maupun kampanye para kandidat bupati, wali kota, dan gubernur. Sehingga bisa dikatakan, masa kampanye tiba, tibalah saatnya bentrokan antarmassa.

Begitulah adanya. Para kontestan berupaya mati-matian merebut simpati rakyat dan bersamaan dengan itu membuat rakyat saling berkelahi. Pada akhirnya, mana mau mereka “berkelahi” di forum parlemen demi kepentingan rakyat banyak? Paling-paling juga kepentingan politik segelintir elite yang diperjuangkan.

Ayolah parpol. Dewasalah dalam berpolitik. Jangan biarkan para anak bangsa saling berkelahi, bahkan saling bunuh untuk membela entah apa?

Selebihnya, berhentilah mengumbar janji kosong yang tak bisa diwujudkan saat berkampanye, tapi nanti setelah duduk di parlemen, langsung, otomatis melupakan janji manisnya. Waktu kampanye berjanji ini dan itu demi kesejahteraan rakyat. Tapi setelah berkuasa, mulai lah korupsi, terima suap, skandal ini itu, dan sebagainya. Jangan lah membuat kami muak dengan ulah politisi karbitan yang direkrut asal-asalan asalkan bisa meraup suara bagi parpol yang diwakilinya. (*)

Iklan

2 thoughts on “Masa Kampanye Tiba, Saatnya Bentrok Massa”

  1. Tampaknya negeri kita suka sama karbitan, buah karbitan, artis karbitan, pejabat karbitan dan sekarang politisi karbitan. Buah karbitan asam rasanya. he he he…

    ———–
    Kalo politisi karbitan “rasanya” pahit, menyakitkan, dan menyebalkan….:D

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s