Ternyata Koruptor Juga Tergolong Psikopat

BERITA heboh mengenai kasus mutilasi dan pembunuhan sadis yang dilakukan oleh Verry Idham Henyaksyah alias Ryan (30), mengantar saya untuk mencari tahu ciri-ciri seorang psikopat. Ini setelah membaca pendapat Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala dan Kriminolog UI Erlangga Masdiana bahwa Ryan tergolong seorang psikopat.

Setelah ‘bertanya’ pada Mbah Google, pada beberapa situs dijelaskan mengenai ciri-ciri psikopat.  Di Wikipedia, seorang ahli psikopati dunia yang menjadi guru besar di Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada bernama Robert D. Hare menguraikan mengenai ciri-ciri psikopat.

Psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa. Pengidapnya juga sering disebut sebagai Sosiopat karena prilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya.  Ciri umum psikopat antara lain selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan bagi dirinya sendiri. Selain itu, mereka selalu berusaha tampil sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa, dan menyenangkan.

Psikopat seringkali pandai melucu dan pintar bicara. Secara khas berusaha tampil dengan pengetahuan di bidang sosiologi, psikiatri, kedokteran, psikologi, filsafat, puisi, sastra, dan lain-lain.

Seringkali pandai mengarang cerita yang membuatnya positif. Apabila ketahuan berbohong, seorang psikopat tak peduli dan akan menutupinya dengan mengarang kebohongan lainnya. Dia akan mengolah kebohongan itu seakan-akan sebuah fakta.  Psikopat memang pribadi yang manipulatif. Mereka suka membengkokkan sistem maupun aturan untuk kepentingan sendiri. Mereka memangsa berbagai kelemahan orang, khususnya yang kurang percaya diri.

Pengidap psikopat juga sangat egosentris (egois) dan menganggap dirinya hebat. Dan apabila melakukan kesalahan (kejahatan),  mereka tak menunjukkan rasa sesal atau rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya, namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli. Mereka juga hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya sendiri.

Sang profesor yang telah meneliti psikopat selama 25 tahun, menyebutkan  bahwa pengidap psikopat tak melulu pembunuh dan pemerkosa saja. Ternyata KORUPTOR juga tergolong psikopat.  Nah, jika melihat ciri-ciri di atas, memang cocok dengan para pelaku koruptor yang banyak bergentayangan di negeri ini.

Memang tak ada pencuri yang mengaku (kecuali pencuri tolol). Tapi lihatlah perilaku para koruptor di negeri ini. Selain menyangkal mati-matian, mereka juga tak terlihat menyesali perbuatannya. Padahal fakta yang diperoleh penyidik dengan jelas telah membuktikan bahwa mereka telah melakukan korupsi.

Misalnya pada beberapa persidangan kasus korupsi yang tengah berlangsung di Pengadilan Tipikor saat ini. Kendati sudah ada bukti rekaman pembicaraan melalui telepon yang berhasil disadap petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), para psikopat (maksudnya koruptor) itu tetap menyangkal mati-matian.

Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sering disebut psikopati. Pengidapnya seringkali disebut “orang gila tanpa gangguan mental”.

Menurut penelitian, sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau di rumah sakit jiwa. Celakanya, pengidap psikopat sangat sukar disembuhkan. Artinya, para koruptor itu akan tetap sebagai seorang koruptor. Walah….!(*)

*) Diolah dari Wikipedia, kemudian dibumbui sedikit…. 8)

Iklan

One thought on “Ternyata Koruptor Juga Tergolong Psikopat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s