Tuntutan 3 Tahun untuk Azirwan

* Juga Didenda Rp 150 Juta

Kronologi Suap Azirwan. Grafis/ganjar
Kronologi Suap Azirwan. Grafis/ganjar

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Bintan Azirwan dituntut hukuman 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider empat bulan kurungan.

Jaksa penuntut dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, Azirwan terbukti menyuap anggota Komisi IV DPR RI Al Amin Nur Nasution sebesar Rp 2,250 miliar untuk memuluskan persetujuan DPR dalam alih fungsi hutan lindung Bintan Buyu di Kabupaten Bintan.

Menanggapi tuntutan dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Senin ( 11/8/2008 ), Azirwan yang dalam sidang sebelumnya selalu terlihat tersenyun, terlihat sangat serius. Namun, usai sidang, Azirwan yang awalnya berekspresi serius, mendadak melontarkan lelucon kepada puluhan wartawan yang mengerubunginya, ketika ditanya apakah dirinya merasa dikorbankan Bupati Bintan, Ansar Ahmad.

Dia memalingkan wajahnya, mencari wartawan yang bertanya. Tanpa senyum pula Azirwan tiba-tiba menjawab dengan serius. “Saya menjadi korban kalian karena tidak bisa jalan,” ujar Azirwan yang tampak kebingungan mencari pintu keluar dari ruang sidang karena banyaknya wartawan. Jawaban spontan Azirwan membuat wartawan tertawa.

Setelah berhasil keluar ruang sidang, Azirwan tetap tak mau berkomentar. Ketika ditanya apakah tuntutan ini berat bagi dirinya, Azirwan kembali berkelakar tapi tetap dengan mimik serius. “Berat atau tidaknya, seberat kalian memikul kamera. Kalau kalian berat, saya juga berat,” ujarnya sambil memasuki ruang terdakwa. Para wartawan yang hadir kembali terpingkal-pingkal.

Sepanjang sidang tuntutan, Azirwan terlihat sangat serius. Dia hanya terpaku dan lebih banyak tertunduk lesu mendengarkan pembacaan surat tuntutan oleh jaksa penuntut asal KPK. Untuk menghilangkan ketegangan,

ganjar
Setoran uang pelicin. grafis:ganjar

kedua tangannya saling menggenggam erat di pangkuannya.

Tak ada yang berubah dari raut muka maupun ekspresi Azirwan ketika mendengar tuntutan hukuman 3 tahun penjara plus denda Rp 150 juta subsider empat bulan kurungan. Hanya satu kata meluncur datar ketika diminta pendapatnya oleh hakim atas tuntutan tersebut. “Mengerti,”jawabnya.

Dengan ekpresi yang datar juga, Azirwan menyalami satu per satu empat jaksa yang menuntutnya, yakni Suwarji, I Kadek Suwardana,Edy Hartoyo dan Anang Supriyadi. Tatapan mata serius terlihat ketika Azirwan berbicara dengan koordinator jaksa penuntut Suwardji.

Dalam berkas tuntutan yang dibacakan secara bergantian oleh tim jaksa KPK, jaksa menyatakan Azirwan terbukti melanggar pasal 5 ayat 1 huruf (a) UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi.

Disebutkan, untuk mengurus persetujuan alih fungsi hutan Bintan Buyu dari DPR, Azirwan telah melakukan hubungan telekomunikasi dan pertemuan langsung dengan Al Amin. Pertemuan dengan Al Amin, terjadi di restoran dan pub di Hotel Intercontinental, Hotel Classic, Hotel Borobudur, Hotel Imperium, Hotel Nikko dan Ritz Carlton.(*/persda network)

Iklan

2 thoughts on “Tuntutan 3 Tahun untuk Azirwan”

  1. ehmmmmm. paraaaaaaah… kata2 itu sangat pantas di ucapkan buat mereka yang terlibat jaringan korupsi berjamaah ini,,,, kata (uuhmm.. paraahh………. kata-kata sopir taxi yang seharian antri di sekupang tp g ada muatan hujan deras pula)……………

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s