Al-Fahim Bikin Manchester City Menakutkan

* Rencana Bangun Tim Impian Senilai Rp 15 T

Sulaiman Al-Fahim
Sulaiman Al-Fahim

UANG semakin menunjukkan pengaruhnya dalam dunia sepakbola modern. Klub-klub elite yang selama ini berjaya di berbagai puncak kompetisi berkorelasi positif dengan kekuatan finansial yang dimiliki.

Sebelumnya mata penggemar sepakbola dunia seolah hanya tertuju pada empat klub elite di Inggris, yakni Manchester United, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal. Tiba-tiba semua tersentak dengan munculnya kekuatan baru, yakni Manchester City.

Klub sekota Manchester United itu baru saja berganti pemilik, dari mantan PM Thailand Thaksin Sinawatra kepada Dr Sulaiman Al-Fahim (31) melalui Abu Dhabi United Group (ADUG), perusahaan konsorsium yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dalam sekejap, The Citizen berubah menjadi sebuah klub kaya raya, bahkan terkaya di dunia. Chelsea yang sebelumnya mengguncang Inggris ketika dibeli oleh taipan Rusia Roman Abramovich (2003), kini menjadi tidak ada apa-apanya dibandingkan Man City. Ditaksir kekayaan Al-Fahim lebih besar 10 kali lipat dari Abramovich.

Dengan uang berlimpah, Al-Fahim berencana membentuk sebuah tim impian atau dream team dengan memboyong para bintang sepakbola kualitas nomor satu dunia yang telah terbukti memiliki prestasi mengkilap di berbagai kompetisi. Orang kaya Arab itu bahkan sudah menganggarkan dana sebesar untuk 889 juta poundsterling atau sekitar Rp 15,113 triliun (asumsi kurs Rp 17 ribu per pound) untuk membeli 18 pemain bintang sekaligus!

Bila ini terealisasi, maka Man City akan menjadi tim bertabur bintang, mengalahkan Real Madrid (Spanyol) yang selama ini dikenal sebagai klub yang paling doyan mengumpulkan bintang-bintang sepakbola kelas dunia.

Namun untuk tahap awal, Citizen hanya akan menggelontorkan dana sebesar 484 juta pounds atau sekitar Rp 8,2 triliun! Dana ini untuk mendatangkan enam pemain papan atas.

Nama pertama adalah Cristiano Ronaldo dari Manchester United seharga 135 juta pounds (Rp 2,295 triliun). Angka ini jauh di atas yang ditawarkan Real Madrid yang ‘hanya’ 90 juta pounds (sekitar Rp1,5 triliun).

“Jika memang kita harus memiliki tim yang besar, maka akan kami lakukan. Cristiano Ronaldo pernah mengatakan ingin bermain di klub terbesar di dunia. Maka kita lihat saja pada Januari nanti, apakah pernyataannya serius atau tidak. Madrid telah menawarnya sebesar 90 juta pounds. Tapi pemain seperti dia pantas dibeli lebih mahal. Kami siap membayar dengan harga 134 juta pounds,” ujar Al-Fahim.

Nama berikutnya yang menjadi incaran Citizen adalah Fernando Torres dari Liverpool senilai 70 juta pounds dan siap membajak Dmitar Berbatov dari Man Utd senilai 60 juta pounds.

Sebelumnya Al-Fahim kalah bersaing dengan Man Utd untuk mendapatkan tandatangan Berbatov dari Tottenham Hotspur. “Kami kecewa karena gagal mendapatkan Berbatov setelah berusaha begitu keras. Tapi kami tak akan putus asa dan akan mencoba menggaetnya kembali,” tegas Al-Fahim.

Nama berikutnya adalah Cesc Fabregas dari Arsenal senilai 60 juta pounds (sekitar Rp1,013 triliun), Ricardo Kaka (AC Milan) dan Lionel Messi (Barcelona) yang ditawar masing-masing 80 juta pounds (Rp 1,36 triliun).

Sebelumnya Citizen juga sudah membeli Robinho senilai 32,5 juta pounds, sekaligus memecahkan rekor transfer atas nama Andry Shevchenko dari AC Milan ke Chelsea yang bernilai 30,8 juta pounds.

Tahap selanjutnya, Citizen akan mendatangkan Ruben de la Red (Real Madrid) 20 juta pounds, Javier Saviola (Real Madrid) 30 juta pounds, Ronaldo (Flamengo) 20 juta pounds, Gianluigi Buffon (Juventus) 70 juta euro (980 miliar), Vedran Corluka (Tottenham Hotspur) 15 juta pounds (Rp 254,8 miliar), dan Victor Pele (FC Porto).

Belum ada konfirmasi dari nama-nama yang masuk daftar belanja Al-Fahim. Apakah menerima atau menolak. Namun striker Real Madrid Ruud van Nistelrooy yang juga menjadi incaran telah menyatakan menolak tawaran senilai 30 juta pounds (Rp 508 miliar). Ia mengaku masih betah merumput di Santiago Bernabeu. Selain itu, Nistelrooy tak ingin menyakiti fans Manchester United, bekas klubnya, dengan menerima tawaran Man City.

Nama Ronaldinho, pemarin Brasil yang baru dibeli AC Milan dari Barcelona, juga masuk daftar belanja Citizen.

Pembelian besar-besaran itu akan dilakukan pada transfer window Januari 2009 mendatang. Selain nilai transfer yang selangit, Citizen juga siap menggaji mereka rata-rata 200 ribu pounds per pekan atau sekitar Rp 3,3 miliar!
Untuk musim ini, Al-Fahim hanya pasang target masuk empat besar di Premier League. Namun, musim 2009-2010, Citizen sudah harus juara Liga Inggris dan setahun kemudian meraih mahkota Liga Champions.

“Jika kami bisa membeli pemain terbaik di dunia maka kami akan melakukannya. Kami hanya ingin merekrut pemain terbaik guna mewujudkan ambisi menjadi klub elit di Inggris,” papar Al-Fahim. (berbagai sumber)

Iklan

2 thoughts on “Al-Fahim Bikin Manchester City Menakutkan”

  1. wah.. uang sih bisa beli apa2.. tapi perasaan pemain gak bisa dibeli… pemain bintang bisa tampil baik klu ada yang yang ngimbangin…y g’??/

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s