Al-Fahim, Manusia Superkaya

Sulaiman Al-Fahim
Sulaiman Al-Fahim

DR SULAIMAN Al-Fahim boleh dibilang manusia superkaya. Pria yang baru berusia 31 tahun ini sangat ambisius, mirip Roman Abramovich. Siapa pria Arab ini sebenarnya?

Dia adalah bos Abu Dhabi United Group (ADUG), perusahaan konsorsium yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Hartanya 10 kali lebih banyak dari Abramovich. Kekayaan raja minyak asal Rusia itu ditaksir ‘hanya’ 12 miliar pounds atau sekitar Rp 202,7 T.

Sebenarnya Al-Fahim hanyalah orang kepercayaan dari Sheikh Munsoor bin Zayed (38) untuk menjalankan bisnisnya. Pangeran Uni Emirat Arab itulah yang memiliki modal sesungguhnya. Namun, konon kabarnya Al- Fahim sendiri juga orang kaya. Kendati hanya “karyawan”, kekayaannya diperkirakan setara dengan Abramovich.

Sheikh Munsoor bin Zayed adalah pemilik 90 persen saham di ADUG serta memiliki banyak usaha. Yang paling besar adalah Abu Dhabi Sovereign Wealth Fund, unit usaha itu dia kontrol bersama adiknya.

Total kekayaan sang pangeran diperkirakan mencapai 460 miliar pounds atau sekitar Rp 7.774.621.302.683.534!  Atau sederhanya Rp 7.774 triliun. Ejaannya, tujuh ribu tujuh ratus tujuh puluh empat triliun!

Dengan pemilik superkaya, tentulah Citizen kini menjelma menjadi klub terkaya sejagat. Inilah yang paling ditakuti klub manapun di muka bumi ini.

Kekuatan uang membuat keder semua klub dan para pemain. Tabloid Inggris, The Sun, mengejek Al- Fahim dengan menyatakan, untuk menjadi juara Liga Champions, sebaiknya mereka membeli skuad Manchester United yang telah terbukti menjadi raja Eropa musim lalu. Harga skuad MU saat ini sebesar Rp 6,528 triliun.

“Jika ingin memenangi Liga Primer dan Liga Champions Anda butuh pemain yang sudah pernah ke sana dan meraihnya. City mungkin harus melihat ke Old Trafford, atau mungkin membelinya saja,”tulis The Sun.

Kecaman juga datang dari pemain veteran Manchester United, Ryan Giggs. Pemain asal Wales itu mengakui bahwa rival sekota MU itu memang bergelimang uang dan bebas memilih pemain hebat.

Namun ada satu hal yang dipertanyakan Giggs, yakni di manakah sejarah klub di Eastlands tersebut?
“City mempunyai pemilik terkaya di dunia, namun saya masih melihat United sebagai klub terbesar. United memiliki status dan sejarah, yang dibangun bertahun-tahun. Semua itu dimulai dari The Busby Babes, hingga pemain-pemain seperti Sir Bobby Charlton dan George Best,” ungkap Giggs kepada The Guardian, kemarin.

Bahkan pelatih Liverpool, Rafael Benitez menyatakan Citizen akan menjuarai Liga Inggris. “Anda tidak memenangkan gelar juara hanya dengan sekadar mengeluarkan uang. Chelsea memenangkan dua musim dengan belanja yang besar. Setelah itu, Manchester United meraih gelar dengan mengeluarkan uang besar juga,” kata Benitez kepada AP.

“Bila kami membicarakan mengeluarkan uang besar, mungkin Manchester City akan memenangkan titel musim ini. Ini tidak hanya sebuah pertanyaan tentang uang, namun bila memiliki uang, semuanya akan mudah,” lanjut Benitez.

Sementara pelatih Manchester City, Mark Hughes mengingatkan fans City untuk tidak banyak berharap pemain-pemain kelas dunia itu akan bergabung di Eastland Januari mendatang. “Kesulitannya adalah meyakinkan klub untuk melepas pemain bintang mereka,” ungkap Hughes seperti dilansir Sporting Life.

“Klub-klub tempat para pemain ini bergabung tengah mengikuti kompetisi Liga Champions. Pihak manajemen klub tidak mungkin begitu mudah melepas mereka di tengah-tengah musim kompetisi,” jelasnya lagi. “Mungkin akan sulit mendapatkan mereka di Januari nanti, tapi kami akan berusaha semampu kami,” pungkasnya.

Pertanyaannya, akankah kapitalisme bakal merusak dunia olahraga, khususnya sepakbola? Dengan uang banyak, sebuah klub tak perlu capek melakukan pembinaan. Mereka cukup membeli pemain ketika dia sudah menjadi bintang besar.(berbagai sumber)

Iklan

8 thoughts on “Al-Fahim, Manusia Superkaya”

  1. org timur tengah kaya krna minyak aja.. n suatu saat bakal habis juga..
    lagipula kekayaannya agak terpusat, pada kluarga kerajaan aja…

    beda dgn negara lainn yg lebih merata kekayaannya, karena adanya industri2/ perusahaan… non pemerintah..

    Suka

  2. Kekayaan yg dasyat,yg pastiny diiringi dgn kerja keras dan kecerdasan dan kepandaian,,,,,

    Mngkn klo aq minta 5juta ajah bwt gantiin selisih,,aq kan teller nichh,,,ga terlalu material x yachh,,,hehehe,,,,

    Suka

  3. Kalau kekayaan kolektif Pangeran disana akan tertawa saja mendengarnya……..Kalau untuk kekayaan orang Timur tengah (Arab red) paling pantang untuk mempublikasikannya atau diungkapkan, dia lebih suka dibilang ngak punya uang daripada punya uang…paling hanya media yang menafsirkannya atau lembaga2 Pajak tapi siapa yang berani mengaudit pajak Pangeran2 ini dia sendiri yang punya Negara bukan rakyatnya…, dia sendiri ngak mau untuk diaudit secara langsung beda dengan orang EROPA, AMERIKA, mungkin orang paling kaya di Eropa, Amerika bukan apa-apanya dengan kekayaan Pangeran2 Arab ini ( Saudi, Uni Emirat, Qatar, Kuwait), mungkin juga kekayaan Orang EROPA dan Amerika hanya daki-nya saja dari kekayaan satu Pangeran Arab ini….he he he he he………..,

    Suka

  4. Aneh ya?? kalo emang dia orang jauh lebih kaya dari Abramovich kenapa di daftar orang terkaya di dunia namanya ndak ada??

    cek di sini..
    http://www.forbes.com/lists/2007/10/07billionaires_The-Worlds-Billionaires_Rank.html

    ———
    Mungkin karena kekayaan kolektif, artinya kekayaan milik sejumlah orang secara bersama-sama melalui perusahaan/konsorsium, sehingga tidak didaftarkan dalam daftar orang terkaya. Sebab, kita sama tau bahwa banyak orang Arab kaya-kaya, tapi tak banyak yang masuk dalam daftar orang terkaya. Kecuali Pangeran Alwaleed Bin Talal Alsaud dari Arab Saudi yang masuk urutan 13 serta beberapa nama yang ada di urutan 70-80-an dan seterusnya, sebagaimana link di atas). Ini mungkin lho….:))

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s