Dua Rival Bersatu Demi Negara

Senator John McCain (kiri) bertemu dengan Barack Obama di kantor pemerintahan transisi Obama di Chicago, AS, Senin (17/11/2008) waktu AS.
Senator John McCain (kiri) bertemu dengan Barack Obama di kantor pemerintahan transisi Obama di Chicago, AS, Senin (17/11/2008) waktu AS.

DUA bekas rival dalam Pilpres Amerika Serikat 2008,  Barack Obama (47) dan John McCain (72) bertemu dalam suasana akrab di kantor Obama di Chicago, AS, Senin ( 17/11/2008 ) waktu setempat. Inilah pertemuan pertama keduanya sejak Pilpres 4 November 2008.

Dalam pertemuan tertutup itu, kabarnya Obama yang berasal dari Partai Demokrat, berjanji kepada Senator asal Arizona itu bahwa dirinya pasti melibatkan orang-orang dari Partai Republik. Menurut Senator Illinois yang baru melepas jabatannya di Senat, dirinya sangat membutuhkan keahlian McCain untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi AS dalam empat tahun ke depan.

Presiden kulit hitam pertama di AS itu mengatakan, dirinya sangat membutuhkan saran-saran dari McCain untuk mengatasi persoalan-persoalan genting, antara lain masalah krisis ekonomi, perang Irak, dan perang Afghanistan. Ini sesuai janji presiden terpilih itu dalam pidato kemenangannya bahwa dia akan berembug dengan bekas rivalnya itu untuk sama-sama mengatasi persoalan negara.

Namun demikian, sumber-sumber terdekat Obama membantah bahwa Obama menawarkan jabatan penting bagi McCain dalam pemerintahannya. Hanya saja dikatakan bahwa kerja sama antara keduanya sangat penting untuk mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien.(afp/ap)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s