Ini Baru Pilot

Chelsey B. Sullenberger III
Chelsey B. Sullenberger III

Dia berjalan di pesawat yang separuh tenggelam itu beberapa kali untuk memastikan bahwa semua penumpang diselamatkan. Dia ingin memastikan bahwa tidak seorangpun yang masih berada di dalam pesawat.

Itulah yang dilakukan Chelsey B. Sullenberger III (57) alias Sully, pilot Airbus A320 milik US Airways, nomor penerbangan 1549 yang mendaratkan pesawat itu secara darurat di Sungai Hudson, New York, AS, Kamis (15/1/2009).  Itu terjadi setelah pesawat menabrak kawanan angsa dan mengakibatkan mesin pesawat meledak lalu mati.

Luar biasa! Berita-berita yang muncul kemudian lebih banyak mengulas mengenai tindakan sang pilot. Pertama, dia mampu mendaratkan pesawat itu dengan mulus di permukaan sungai. Hanya satu sentakan tanpa pantulan. Para awak dan 150 penumpang tidak menyadari jika mereka sudah mendarat di air.

Kedua, soal pengambilan keputusan. Petugas menara kontrol memerintahkan agar pesawat kembali ke Bandara LaGuardia, New York. Juga ada pilihan untuk mendarat di sebuah bandara dekat situ. Tapi Sully punya keputusan sendiri dan terbukti tepat.

Dia menolak kembali lantaran pesawat baru take off  dan kecepatan tidak cukup. Mendarat di bandara lain juga berbahaya karena dekat permukiman. Maka dia pun membelokkan pesawat ke Sungai Hudson lalu mendarat mulus di situ. Dia bahkan mendaratkan pesawat dekat sebuah ferry agar para penumpang segera mendapat pertolongan. Tak seorang pun penumpang yang cedera serius.

Maka dia pantas mendapat jutaan pujian sekalipun. “Saya harus memberi tahu hal ini. Orang yang menerbangkan pesawat itu layak mendapat segala pujian dan rekomendasi,” kata Jerry Wallis, seorang pilot swasta di AS.

Airbus A320 US Airways mendarat di Sungai Hudson, New York, AS, Kamis ( 15/1/2009 )
Evakuasi penumpang pesawat Airbus A320 US Airways yang mendarat di Sungai Hudson, New York, AS, Kamis ( 15/1/2009 )

Pujian juga dilontarkan Wali Kota New York Michael Bloomberg. “Saya melakukan pembicaraan panjang dengan pilot pesawat itu. Dia berjalan di pesawat yang separuh tenggelam itu dua kali setelah semua penumpang diselamatkan, untuk memastikan bahwa tidak seorangpun yang masih berada di pesawat, dan meyakinkan kami bahwa memang tidak ada lagi penumpang yang tertinggal. Pilot itu melakukan pekerjaan yang luar biasa dan semua penumpang bisa selamat,”ujar Bloomberg. In Baru pilot. (*)

Iklan

One thought on “Ini Baru Pilot”

  1. keren,memang dalam dunia transportasi terutama transportasi udara, awak kabin termasuk pilot haruslah menjadi orang yang terakhir meninggalkan pesawat..mmg begitu prosedurnya, hebat sekali pilot ini sudah melakukan ditching yang beresiko dan menjadi orang terakhir meninggalkan pesawat.guud!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s