Chelsea tak Berdaya di Kandang Sendiri

* Villa Ambil Alih Posisi Tiga Klasemen  Liga Premier

Ricardo Quaresma  hendak memberi umpan dalam debutnya membela Chelsea menghadapi Hull City pada Liga Premier di Stamford Bridge, Sabtu ( 7/2/2009 ). Pemain asal Portugal yang baru dipinjam dari Inter Milan, ini gagal membawa timnya meraih kemenangan. (AP/Akira Suemori)
Ricardo Quaresma hendak memberi umpan dalam debutnya membela Chelsea menghadapi Hull City pada Liga Premier di Stamford Bridge, Sabtu ( 7/2/2009 ). Pemain asal Portugal yang baru dipinjam dari Inter Milan, ini gagal membawa timnya meraih kemenangan. (AP/Akira Suemori)

NASIB sial masih menyertai Chelsea. Skuad besutan Luiz Felipe Scolari ini gagal menuai hasil positif saat menjamu tim promosi Hull City pada pekan ke 25 Liga Primer di Stamford Bridge, Sabtu ( 7/2/2009 ).

Tim kota London berjuluk The Blues, itu lebih memegang kendali permainan dan berhasil menciptakan banyak peluang. Namun tak satupun gol tercipta ke gawang tim tamu. The Tiger, sang penghuni posisi 11 klasemen sementara itu, pun sukses menahan Chelsea dengan skor kacamata alias 0-0.

Hasil tersebut semakin membuat Frank Lampard dkk semakin  berat memburu gelar juara musim ini. Mereka tertinggal 4 poin dari pemuncak klasemen Manchester United (MU), menyusul hasil imbang pekan ini dan kekalahan 0-2 dari Liverpool pekan lalu. Akibatnya mereka melorot ke posisi tiga klasemen di bawah Liverpool. Posisi Chelsea bahkan diserobot Aston Villa yang pada saat bersamaan  sukses mengalahkan tuan rumah Blackburn Rovers dengan skor 2-0.

Bila MU berhasil mengalahkan West Ham pada pertandingan hari Minggu, maka jarak poinnya dengan Chelsea semakin melebar menjadi 7 angka. Apalagi MU masih menyisakan satu pertandingan.

Penampilan Chelsea menjamu Hull cukup apik. John Terry sudah memperoleh peluang mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Kemudian sundulan Michael Ballack setelah menerima umpan Frank Lampard, hanya bisa membahayakan gawang Hull yang dikawal Boaz Myhill.

Ricardo Quaresma, pemain Chelsea asal Portugal yang baru dipinjam dari Inter Milan, tampil ciamik. Namun itu tak cukup menolong. Crossing pemain bernomor punggung 18 itu kepada Nicolas Anelka di menit 16, berhasil dihalau Zayatte.

Peluang emas kembali didapat Chelsea pada menit ke-26. Lewat satu kali sentuhan, Lampard melepaskan tendangan voli, bikin  Myhill bekerja jumpalitan. Sebaliknya anak-anak The Tigers juga mampu mengancam gawang tuan rumah yang dikawal Henrique Hilario, menggantikan Petr Cech yang cedera.

Di menit 40, Kevin Kilbane nyaris membobol gawang Hilario. Mantan striker Everton itu berhasil menyundul bola yang diumpan oleh Samuel Ricketts. Sayang, bola hanya membentur tiang gawang Chelsea. Sebuah tandukan Marney di menit 45, melenceng tipis dari gawang Chelsea. Hilario bahkan hanya terpaku di tempatnya.

Babak kedua, Hull mengambil inisiatif menyerang. Namun mereka justru kembali mendapat tekanan dari tuan rumah. Sebuah crossing Quaresma hanya membentur pertahanan rapat Hull. Kerja sama Anelka dan Kalou di kotak penalti, tak membuahkan hasil.

Hull mengandalkan serangan balik. Fargan berhasil masuk ke wilayah pertahanan Chelsea pada menit 54. Sukses mengecoh Obi Mikel, Fargan melepas tembakan lambung. Beruntung masih bisa ditepis Hilario. Tiga menit berselang, Scolari menarik keluar Obi Mikel dan memasukan Juliano Beletti.

Irama pertandingan tetap berlangsung ketat. Para pemain Hull menerapkan penjagaan ketat terhadap pemain lawan dan seringkali sukses merebut bola dari John Terry dkk. Fagan berhasil mengumpan kepada Kilbane. Sayang Kilbane menyia-nyiakan kesempatan.

Lagi-lagi Scolari mengubah skuad di menit 63. Dia menarik Quaresma dan memasukan striker Didier Drogba. Masuknya Drogba justru membuat Chelsea balik tertekan gempuran Hull. Namun mereka kurang tenang saat berada di kotak penalti sehingga mudah kehilangan bola.

Scolari menarik Ballack dan memasukan Deco di menit 73. Situasi tidak berubah karena semua pemain Hull dengan cepat  kembali ke area pertahanan ketika kehilangan bola. Lampard dkk tampak frustrasi.  Umpan-umpan kepada Anelka dan Drogba mudah dibaca lawan. Apalagi kedua penyerang itu ditempel ketat oleh bek-bek Hull. Chelsea mulai menampilkan permainan menjurus kasar.

Menit 89, bek Chelsea, Alex, gagal membendung Fargan. Beruntung Terry cepat-cepat merebut bola dari kaki Fargan dan menghalau bola yang sudah berada di mulut gawang. Di akhir babak kedua, Chelsea mengurung pertahanan Hull. Namun mereka sulit menembus pertahanan rapat tim tamu karena semua pemain berkerumun di kotak penalti.

Peluit panjang berbunyi dan papan skor menunjukkan 0-0. Hull City berhasil mencuri satu poin sehingga 29. Chelsea hanya memperoleh tambahan satu poin menjadi 49 sementara Aston Villa menyodok posisi tiga dengan skor 51, sama dengan Liverpool yang sedang bertanding menghadapi Portsmouth di Fratton Park. Sementara pemuncak klasemen, Manchester United yang kini mengantongi 53 poin, baru akan menantang West Ham Minggu ( 8/2/2009 ) malam ini di Upton Park.

Sementara Manchester City hanya berhasil mengalahkan Middlesbrough dengan skor 1-0 melalui Craig Bellamy. Citizen naik  satu anak tangga ke posisi 9 dengan 31 poin.(edy)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s