Maaf, Saya Seorang Koruptor

TIDAK semua koruptor melakukan perbuatannya atas kehendak sendiri. Banyak di antaranya terjebak dalam sebuah sistem yang diwariskan, turun-temurun dalam lembaga di mana dia berkecimpung. Terutama lembaga-lembaga pemerintahan (tapi ada juga yang di lembaga non pemerintah).

Pada lembaga pemerintahan, sulit dibantah bahwa perilaku koruptif paling kental di lembaga-lembaga peradilan atau yang terkait hukum dan penegakan hukum serta di lembaga-lembaga pelayanan publik. Maka, apabila ada orang yang telah bertekad untuk tidak korupsi, sebaiknya cari lingkungan kerja di luar lembaga-lembaga itu.

Jika ngotot bekerja pada lembaga-lembaga itu, sebaiknya tunggu sampai semuanya dibenahi. Persoalannya, usia Anda terus bertambah. Sementara pembenahan terhadap lembaga-lembaga itu mungkin tak akan pernah selesai. Artinya, jika Anda akhirnya masuk dalam lingkungan para koruptor, maka Anda terpaksa harus mengucapkan kalimat ini kepada publik,  “Maaf, Saya Seorang  Koruptor.” Karena akan sulit bagi Anda untuk tidak melakukan korupsi.

Memang masih  banyak orang baik di lingkungan itu, tapi mereka tak bisa apa-apa. Tidak berdaya dan mungkin bisa mati mendadak karena saking kuatnya tekanan dari lingkungannya.

Yeah, tulisan ini hanya iseng (dan dicopy lagi dari blog saya yang lain, yang tidak saya urus). Tapi saya muat lagi tulisan ini di blog ini, untuk memeriahkan hasil survei Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai integritas pelayan publik di Indonesia, dan menempatkan Kota Tanjungpinang sebagai yang paling rendah integritasnya dibanding 50 kota lain di Indonesia yang menjadi objek survei KPK.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s