Germo Artis Beroperasi sampai Batam

SIAPA sebenarnya Hartono Prapanca alias Hartono Setiawan? Pria ini adalah mucikari yang terkenal pada tahun 1990-an. Dia pernah dihebohkan sebagai pemasok wanita-wanita panggilan untuk para pejabat.  Namanya makin mencuat, setelah berhasil menggandeng artis-artis terkenal di masanya, untuk ‘dipekerjakan’ sebagai penjaja seks komersial.  Hartono Prapanca disinyalir bukanlah nama asli mucikari tersebut.

Pasalnya, kata Prapanca diambil dari lokasi yang diklaim sebagai kantor prostitusi tersebut, entah Jalan Prapanca atau Hotel Prapanca di Jakarta Selatan, yang kerap dijadikan tempat bertransaksi.

Nama Hartono Prapanca memang sangat terkenal di dunia prostitusi. Ia terkenal sebagai mucikari kelas kakap yang memiliki ratusan koleksi gadis cantik untuk kalangan atas.

Penelusuran di internet, daerah operasi Hartono meliputi kota-kota besar, seperti Jakarta, Bali, Surabaya, Denpasar, Semarang, dan Pontianak. Yang cukup mengejutkan adalah Kota Batam juga masuk daerah operasi Hartono.

Bulan Agustus 2000, nama Hartono sempat mencuat di berbagai pemberitaan media massa karena praktik prostitusinya di Surabaya dibongkar polisi.

Ketika itu Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur bekerja sama dengan Polresta Surabaya Selatan, membongkar septic tank di bekas rumah milik Hartono di Jalan WR Supratman 85 Surabaya. Polisi menduga dia menguburkan bayi-bayi hasil aborsi dari para PSK yang dia jajakan.

Namun sumber lain menyebutkan bahwa eksekusi rumah tersebut akibat Hartono kalah perkara dengan PT Bank Artha Graha milik Tommy Winata. Kemudian mulai 1994, dia membuka tempat hiburan di Bali yang dinamai “Planet Bali”. Usaha ini telah ditutup Pemda Badung, Bali, pada  tahun 1997. Ketika itu Hartono yang diidentifikasi sebagai pria berambut gondrong, membakar rumah tersebut lalu berusaha kabur. Namun upayanya gagal karena sudah dikepung polisi. Selanjutnya dia dijebloskan ke penjara.

Hartono memang sempat dibebaskan dari tahanan karena tangan kirinya terluka saat eksekusi berlangsung. Tersangka kemudian dijebloskan ke tahanan di Mapolresta Surabaya Selatan dalam kasus pembakaran terhadap barang yang bukan miliknya lagi.

Beberapa kalangan menilai Hartono sebagai seorang dermawan yang suka memberi sumbangan kepada orang-orang susah. Tidak jarang dia memberikan uang dalam jumlah besar kepada para pengemis di pinggir jalan.

Berbagai forum di internet mengakui bahwa Hartono adalah germo kelas elite yang sangat dipercaya karena mampu menyediakan gadis-gadis cantik, tak terkecuali dari kalangan artis terkenal dan para fotomodel hingga sales promotion girls (SPG).(berbagai sumber)

Iklan

3 thoughts on “Germo Artis Beroperasi sampai Batam”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s