David Wakili RI ke Olimpiade Sains di Meksiko

MAHASISWA yang menusuk Profesor Chan Kap Luk (40) di Nanyang Technological University (NTU), Singapura, memiliki nama lengkap David Hartanto Widjaja (22). Berdasar penelusuran di internet, dia adalah alumnus SMA Kristen BPK Penabur 1 Jakarta.

Nama David tertera di situs http://www.imo-official.org sebagai peserta Olimpiade Matematika Internasional (OMI) yang berlangsung di Merida, Yucatan, Meksiko, 8-19 Juli 2005. Ketika itu David gagal meraih medali, karena total nilainya hanya 356 atau 30,66 persen.

Rekan satu tim David yang berhasil meraih medali perunggu ketika itu adalah Andre Yohannes Wibisono (SMA Katolik St Louis Surabaya) dengan raihan nilai 144 (72,7%), Sander Prawira (SMA Kristen 1 BPK Penabur Jakarta) dengan raihan nilai 131 (74,61%), dan Dimas Yusuf Danurwenda (SMA Negeri 10 Samarinda) yang meraih nilai 156 (69,73%).

Kendati begitu, David dikenal sebagai siswa cerdas dan pandai matematika. Selain mewakili Indonesia di ajang OMI 2005, dia pernah mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2004 dan Olimpiade Matematika Asia Pasifik (APMO) tahun 2005.

Karena kecerdasannya membuat David diterima di Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Penelusuran lebih lanjut, diperoleh sedikit informasi bahwa pemuda ini memiliki email yang beralamat di tera_majin@hotmail.com. Dia juga tercatat sebagai anggota situs jejaring sosial Facebook.

David mengaku memiliki hobi bermain game, membaca, dan bereksperimen dengan hal-hal yang nggak jelas. Dia juga hobi olahraga sehingga terpilih sebagai Presiden Klub Olahraga di Fakultas Elektronik, Nanyang.

Sebelum tewas mengenaskan dengan terjun dari lantai IV kampusnya, mahasiswa semester akhir jurusan Electrical & Electronic Engineering (EEE), itu sedang mengerjakan tugas akhir berjudul “Multiview acquisition from Multi-camera configuration for person adaptive 3D Display” di bawah bimbingan Prof Chan Kap Luk, yang dia tusuk, kemarin.

Penelitian tersebut menggunakan multikamera untuk menghasilkan banyak tampilan sekaligus. Dia hendak melakukan regenerasi pada kamera digital agar bisa menghasilkan tampilan 3D (tiga dimensi) pada viewer kamera. Ringkasan proyek itu menyebutkan, penelitian David membutuhkan kemampuan matematika yang kuat dan kemampuan programing.

David menjalankan penelitian itu di Laboratoriu m EEE3 – Information System Research Lab pada lokasi S2-B3a-06, NTU. Tugas akhir tersebut harus diselesaikan dalam satu semester pada tahun ajaran 2008/2009.

Diduga lantaran stres dalam menyelesaikan tugas akhir itulah dia nekat bertindak brutal dengan menyerang sang pembimbing. Kemudian David mengiris pergelangan tangannya lalu terjun dari lantai 4 kampusnya. Dia ditemukan tewas berlumur darah dalam posisi telungkup di tanah, persis di pinggiran lantai yang tajam, berbatasan dengan rumput taman.(*)

Iklan

2 thoughts on “David Wakili RI ke Olimpiade Sains di Meksiko”

  1. Apakah ada yang bisa menceritakan riwayat pendidikan david dari Play Group, TK, SMP ? Hingga saat ini saya hanya mendapat info ttg pendidikan SMA dan Universitas yang termasuk kelas I dengan beben study yang lumayan berat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s