David & Zhou Zheng Korban Konspirasi?

David Hartanto Widjaja (kiri) bersama rekan-rekan gamers-nya.
David Hartanto Widjaja (kiri) bersama rekan-rekan gamers-nya.

DUA orang dari fakultas yang sama dan beraktivitas di sebuah laboratorium yang sama, tewas mengenaskan hanya berselang 4 hari. David Hartanto Widjaja (21) dikabarkan tewas terjatuh dari lantai 4 kampusnya, Senin 2 Maret 2009, pukul 10.35 pagi. Disusul Zhou Zheng (24), tewas tergantung di apartemennya, Jumat 6 Maret 2009 22.30 malam. Keduanya juga sama-sama punya hubungan dengan  Profesor Chan Kap Luk (45).

Tiga orang itu sama-saama berkecimpung di laboratorium S2-B3a-06, School of Electrical & Electronics Engineering (EEE), Nanyang Technology University. Konon sang profesor ditusuk oleh David menggunakan pisau sepanjang 10 cm, tapi kenyataannya dia sudah meninggalkan rumah sakit dalam kondisi tidak seberapa parah. Sementara dua orang “partnernya” kehilangan nyawa mereka.

Seseorang yang bernaluri detektif pasti mencurigai berbagai peristiwa yang terjadi secara beruntun dalam tempo kurang dari satu minggu. Tampaknya ada sesuatu yang ingin segera ditutupi. Ada sebuah jejak yang harus dihapus secepatnya. Lantaran itu, mau tidak mau, eksekusi harus segera dilakukan. Tak peduli kematian David baru berselang tiga hari, dan kasusnya masih hangat sebagai bahan perbincangan. Artinya,  bukan tidak mungkin Zhou Zheng juga harus dienyahkan.

Apakah betul Zhou Zheng bunuh diri? Tentu kita belum lupa, ketika David ditemukan tewas pun, kabar pertama yang disebarkan secepatnya adalah dia tewas karena bunuh diri dengan cara terjun dari lantai 4 kampusnya. Juga dibikin rumor bahwa dia menyayat pergelangan tangan kanannya sebelum terjun dan tewas bersimbah darah. Belakangan dia dinyatakan jatuh, bukan terjun dari lantai 4.

Sekali lagi, apakah Zhou Zheng bunuh diri? Atau malah dia juga korban pembunuhan? Karena tidak ada yang melihat dia gantung diri. Dan ketika polisi tiba di tempat kejadian, mereka juga tidak menemukan sesosok mayat yang tengah tergantung di balkon. Mereka hanya mendapat kabar bahwa seseorang sudah menurunkan jenazahnya, kira-kira 20 menit sebelum polisi tiba.

Tidak kah orang yang menurunkan tubuh pria asal Cina itu bisa bersabar sebentar menunggu polisi tiba? Atau setidaknya

Polisi mengevakuasi jenazah Zheng Zhou dari apartemennya.
Polisi mengevakuasi jenazah Zheng Zhou dari apartemennya.

memanggil orang-orang lain di sekitar situ agar ada saksi yang sama-sama melihat bahwa ada seseorang tewas gantung diri.

Semakin mencurigakan lagi, alumnus EEE yang menjadi staf laboratorium itu juga tewas di apartemen dalam lingkungan kampus NTU. Ada apa ini? Maka tidak heran bila Gabriel dan Boon Jin, langsung mengaitkan kematian kedua orang itu dan menarik kesimpulan sementara bahwa David dan Zhou Zheng telah menjadi korban konspirasi.

Pertanyaannya, apa yang dasar konspirasi itu? Mungkinkah tugas akhir yang sedang dikerjakan David bernilai ekonomis tinggi sehingga ada yang hendak menguasainya? Untuk diketahui, David sedang menyelesaikan Final Year Project No A3026-081, berjudul “Multiview acquisition from Multi-camera configuration for person adaptive 3D Display“.

Adakah yang bisa mendeskripsikan kepada kita sekalian mengenai apa yang hendak dicapai David melalui tugas akhirnya itu? Atau mungkin keluarga atau teman David ada yang memiliki file/salinan penelitian itu dan bisa menjelaskan mengenainya. Mungkin saja ada sebuah ide cemerlang dari mahasiswa itu yang ditaksir bisa menghasilkan keuntungan ekonomis besar bila nantinya dijual kepada produsen kamera digital.

Entahlah. Hanya Profesor Chan yang bisa menjawab semua ini. Dan, tentu saja polisi harus mengawasi ketat sang profesor karena (sementara ini) dialah satu-satunya saksi hidup atas semua ini. Kalau perlu mengisolasi dia. Karena bukan tak mungkin dia memutuskan bunuh diri  atau bahkan dihabisi orang lain yang (mungkin saja) terlibat dalam konspirasi ini.(*)

Iklan

13 thoughts on “David & Zhou Zheng Korban Konspirasi?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s