Beginilah Sikap Indonesia Atas Kasus David Hartanto

David Widjaja, Hassan Wirajuda, dan Chan Kap Luk
David Widjaja, Hassan Wirajuda, dan Chan Kap Luk

PEMERINTAH Indonesia tampaknya tenang-tenang saja atas kasus kematian mahasiswa Nanyang Technological University (NTU) David Hartanto Widjaja di Singapura.  Sikap seperti ini selalu menjadi pilihan Pemerintah Indonesia ketika ada warganya yang mengalami masalah di luar negeri. Disiksa, diperlakukan seperti binatang, bahkan dibunuh sekalipun, sikap pemerintah selalu sama: DIAM SAJA.

Demikian pula dengan kasus David. Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda menyatakan hingga saat ini belum diketahui motif penusukan profesor Chan Kap Luk yang diduga dilakukan David. “Kita masih menunggu hasil penyelidikan polisi Singapura,” ujarnya disela-sela acara memperingati 80 tahun diplomasi Mochtar Kusumaatmadja di Unpad, Bandung, Selasa 18 Maret 2009, seperti dikutip Vivanews.

Menurut Menlu, kendati David adalah warga negara Indonesia, Deplu tidak akan ikut campur dalam penyelidikan tersebut.  “Kita tidak ikut campur. Itu penyelidikan internal Singapura,” kata Hassan. Lalu dia meminta semua pihak bersabar menunggu kepastian kasus tersebut. ” Apabila dari hasil penyelidikan sudah ada kejelasan, pasti kita akan diberitahu oleh kepolisian Singapura,” imbuh dia.

Lantas apa upaya pemerintah?  Berbeda ketika anak bangsa berprestasi membawa harum nama bangsa. Semua berebut mengklaim sebagai upayanya. Semua merasa turut berjasa atas prestasi yang diraih dan ikut berdesak-desakan waktu foto bersama penyerahan penghargaan.  Kita hanya mau ambil enaknya saja. Tapi giliran susahnya, silakan tanggung sendiri-sendiri.

Silakan cari tahu sendiri, sudah berapa kali pemerintah kita membela rakyatnya yang menderita di luar negeri? Misalnya nasib para TKI/TKW yang diperlakukan seperti budak. Bahkan kalau perlu diperas lagi ketika mereka kembali ke Tanah Air (biasa terjadi di bandara kedatangan TKI) . Biasanya hanya LSM pemerhati masalah pekerja migran yang peduli. Tapi ketika disampaikan kepada pemerintah, selalu bantahan yang didapat, kendati mereka diserahi sekarung bukti.

Keringat mereka diperas sampai kering demi devisa. Dan pemerintah merasa sudah cukup dengan menyebut mereka sebagai pahlawan devisa. Hanya itu. Tidak ada upaya diplomatis yang bersifat sedikit menekan negara lain untuk tidak semena-mena memperlakukan warga negara Indonesia. Kita seperti negara minderis (inferior), selalu merasa kerdil dibanding negara lain. Itulah sebabnya bangsa ini tak pernah dihargai oleh bangsa lain.

Saya sangat yakin, apapun hasil investigasi polisi Singapura, sekalipun menyatakan bahwa David lah yang menusuk Prof Chan, pasti Pemerintah Indonesia tidak akan mempertanyakan lagi. Langsung menerima dan menyatakan persoalan selesai. Catat hal ini dan ingat baik-baik ketika saatnya tiba. (*)

Iklan

45 thoughts on “Beginilah Sikap Indonesia Atas Kasus David Hartanto”

  1. MALU bngt aq jd WNI…
    Knapa aq harus jdi WNI?
    Apa untung nya?
    Apa yg bs aq banggakan dari negaraku?
    Ap hebatnya negaraku?
    Kalau saja aq dapat memilih aq lbh baik d negara miskin tpi menggargai smua warga negaranya dbndingkan negara ini(ga ad yg bs dbanggkan juga siy, paling korup na bner2 lbh dari binatang)

    Oh david, sdih bngt jdi kamu..
    Uda ssh2 n cape2 ngerjain TA(tugas akhir) yg brilian utk dibanggakan d negara indonesia eh malah dicuri ama negara laen..
    Trus negara kmu malah cuek bebek..
    Sedih bngt vid..
    Tpi aq berdoa supaya kbenaran thu terungkap..
    Aq emank g knal ama kmu, tpi aq percaya kamu thu GAK SALAH..
    Kalo aj aq bs tolong kmu..
    Tpi aq BELUM bsa..
    Skrng cma bs berdoa spya kamu tenang dsana..
    Kmu meninggal g akan sia2..
    Liat aj bnyk yg ngedukung kmu..
    We love u..

    Suka

  2. @,@!

    APA YG SAYA BISA BANGGAKAN DARI DALAM NEGRI ??

    ISINYA PENUH DENGAN PEMERINTAH KORUPTOR…
    ISINYA PENUH DENGAN ORANG2 KAMPUNG YANG RASIS…
    ISINYA PENUH DENGAN ORANG2 PREMAN…
    ISINYA PENUH DENGAN ORANG2 LICIK….

    Suka

  3. Teman2… terutama @em and reza nggebu..
    tadii gw abiss nonton soal kasus David di televisi… dan melihat bagaimana papanya david sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah indonesia…

    Daripada qta hanya mengutuki dan menghina pemerintah di negara tercita ini (yg sebenarnya pantas) dan tetap tidak membuat perubahan apapun…

    Bagaimana qta sebagai saudara setanah air kalao qta menolong keluraga david ini dengan mengumpulkan tandatangan sebanyak2nya dari setiap pelajar dan mahasiswa di seluruh indonesia kalao perlu yg lagi sekolah di luar negri juga untuk mendesak pemerintah turuntangan dalam hal ini.. dan juga mengumpulkan dana untuk kasus ini… karna pasti dibutuhkan biaya yg sangat banyak untuk kasus ini, saya percaya kalo setiap org memberi sedikit saja.. kalao qta kompak.. dana yg tergalang juga lumayan cukup untuk membantu keluarga david.

    Ini baru ide gw.. beride gampank tetapi melaksanakannya susah.. terutama kalao sendirian… butuh keberanian… saya harap teman2 bisa mendukung ide saya..

    Saya sungguh selalu berdoa biar hukum, kebenaran dan keadilan boleh ditegakkan di tanah Indonesia tercinta ini.

    salam damai
    Peduli Anak Bangsa

    Suka

  4. Harus nya pemerintah sadar atas apa yang menimpa David, juga atas penemuaan nya yang sangat hebat, ini harus di bela mati-matian dan harus dapat penemuan nya. David adalah enstein nya Indonesia.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s