Taman Wisata Eksotis Jadi Kuburan Massal

Danau Situ Gintung nan indah dan asri (foto:google earth)
Danau Situ Gintung nan indah dan asri (foto:google earth)

BENDUNGAN Situ Gintung yang baru saja menelan puluhan korban jiwa itu adalah sebuah lokasi wisata berupa taman rekreasi yang sangat indah. Kawasan ini sering dijadikan lokasi syuting sinetron, video klip, dan iklan.

Murah meriah dengan sajian pemandangan eksotis dan indah plus fasilitas lengkap, menjadikan Situ Gintung sangat komplet sebagai kawasan wisata idaman keluarga. Kawasan seluas 21 hektare ini menghadirkan suasana pegunungan di tengah kota.

Taman wisata itu mirip hutan kecil dipenuhi pohon-pohon pinus besar. Udara di sana sangat sejuk, layaknya udara pegunungan. Pengunjung yang datang bisa lupa kalau mereka masih berada di tengah kota. Seolah-olah mereka berada di pedesaan yang lingkungannya masih perawan.

Kawasan wisata Situ Gintung yang berlokasi di Desa Cireundeu, Ciputat, Tangerang, Banten. Tak jauh dari Jakarta Selatan. Lokasinya persis di belakang kampus baru Universitas Islam Negeri Jakarta.

Kawasan itu didominasi danau kecil atau situ berbentuk tapal kuda. Berdasar situs taman rekreasi itu, http://www.situgintung.com, tarif masuk untuk dewasa hanya Rp 4.000 dan untuk anak-anak hanya Rp 2.000 sekali masuk. Mereka yang sering berpiknik di lokasi itu mengaku sangat menikmati fasilitas yang ada.

Di sana tersedia beragam fasilitas untuk memuaskan pengunjung. Ada taman rekreasi, tempat outbond, kolam renang,

Taman hijau dan asri di kawasan wisata Situ Gintung (foto:google Earth).
Taman hijau dan asri di kawasan wisata Situ Gintung (foto:google Earth).

aneka saung, pondok wisata, restoran, arena bermain anak, lapangan olahraga, arena motocross anak-anak, kolam pemancingan, zona petualang, waterboom, dan banyak lagi.

Pengunjung bisa menikmati wisata air seperti sepeda air, banana boat, perahu wisata, hingga kolam renang. Di sana terdapat wisma bertarif murah, hanya Rp 15 ribu per malam, saung dan aula bertarif Rp 50 ribu per hari, lapangan tenis, taman yang hijau dan rindang. Juga tersedia fasilitas untuk hiburan lengkap dengan perlengkapan musik dan sound system.

Taman Wisata Pulau Situ Gintung III, misalnya. Tempat ini semacam tanjung yang menjorok ke danau. Tampak seperti pulau, sehingga dinamai Pulau Situ Gintung. Di sini wisatawan bisa naik speedboat, cukup dengan merogoh kocek Rp 30 ribu sekali putaran. Bila ingin naik banana boat, cukup membayar Rp 50 ribu sekali putaran. Berputar dengan sepeda air lebih murah lagi, hanya Rp 10 ribu sekali putaran.

Bagi mereka yang ingin bermalam dengan suasana alami juga tersedia kawasan perkemahan, yang bisa disewa Rp 7.500 per malam lengkap dengan fasilitas outbound. Keluarga yang mengajak anak-anak mereka, bisa menikmati taman bermain tanpa dipungut biaya.

Di dalam kawasan Situ Gintung juga terdapat kolam renang dan restoran dengan pemandangan langsung ke danau. Di kawasan seluas 5 hektare ini juga ada tempat outbound khusus anak-anak. Biaya sewanya hanya Rp 20 ribu per orang.

Lokasi outbond di taman wisata Situ Gintung
Lokasi outbond di taman wisata Situ Gintung (sumber:http://keluargamaulizal.blogspot.com)

Pengunjung bisa berenang di kolam renang sedalam 2,5 plus kolam renang untuk anak-anak sedalam setengah meter. Ongkosnya hanya Rp 13 ribu pada hari biasa, Rp 15 ribu pada Sabtu, dan Rp 16 ribu pada Minggu. Ada juga wahana waterboom setinggi 8 meter.

Hanya itu? Tentu saja tidak. Pengunjung bisa bersantap hidangan lezat di restoran yang menghadap ke danau. Tersedia belasan saung bagi pengunjung yang membawa keluarga. Karena keindahan alamnya serta menyediakan banyak pilihan rekreasi itulah yang membuat Situ Gintung selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama warga Jakarta yang hendak melepas penat. Biasanya jumlah pengunjung membludak pada hari Minggu dan hari libur nasional

Lokasi syuting
Selain bisa menikmati lokasi wisata yang komplit, pengunjung juga berpeluang bertemu artis-artis idola mereka. Ya, kawasan ini memang sering dijadikan lokasi pemotretan, syuting iklan, video klip, hingga sinetron oleh sejumlah rumah produksi.

Sebut saja beberapa sinetron yang dibikin di Situ Gintung, antara lain Tikus dan Kucing Mencari Cinta, Bukan Salah Bunda Mengandung, dan Hidayah. Tarif pembuatan sinetron di lokasi ini hanya Rp 1 juta per hari.

Seorang pengunjung mengaku menjadikan Situ Gintung sebagai lokasi wisata langganan keluarganya. “Saya senang ke sini karena tempatnya sejuk. Ada kolam renangnya bagi anak anak saya dan saungnya juga enak buat kumpul keluarga. Juga biayanya terjangkau lah buat keluarga kami,” ujar seorang guru swasta di Ciputat.

Sebuah keluarga dari Pondok Indah, Jakarta, yang sering mengunjungi resto Pulau Situ Gintung, selalu menjadikan

Mobil pun tersapu air bah dari ambrolnya bendungan Situ Gintung, Jumat (27/3) dinihari
Mobil pun tersapu air bah dari ambrolnya bendungan Situ Gintung, Jumat (27/3) dinihari

tempat ini sebagai lokasi wisata keluarganya. “Hanya 10 menit dari Pondok Indah, namun serasa berada di luar kota. Tamannya sangat luas. Anak-anak benar-benar puas berlarian dan bermain di situ, sementara para orangtuanya bercengkrama dan mengobrol. Jika anak-anak sudah puas bermain, mereka bisa mendinginkan badan di kolam renang… Wow,”tulis seorang pengunjung itu dalam blognya.

Menurut dia, makanan di resto itu termasuk enak dan relatif murah. “Tempat ini lumayan mengasyikkan. Dari segi keuangan cukup ekonomis. Karena tidak terlalu mahal. Senin-Jumat cukup bayar Rp 15 ribu, Sabtu Rp 19 ribu dan hari libur/Minggu Rp 20 ribu. Cukup murah lah,”imbuh dia.

Perusahaan-perusahaan di Jakarta dan sekitarnya juga sering mengadakan gathering di lokasi ini. Demikian pula anak-anak sekolah TK dan SD seringkali dibawa untuk mengikuti outbond di sana.

“Kami menyediakan program outbound atau pelatihan manajemen luar ruang yang bertujuan untuk pelatihan characteristic building dan team building yang diperuntukkan bagi anak sekolah dan karyawan. Kami menyediakan paket program sesuai dengan kebutuhan Anda,”demikian tertulis di sebuah situs yang mempromosikan Situ Gintung.

Petugas dan warga memenuhi lokasi bencana ambrolnya tanggul bendungan Situ Gintung untuk mencari korban tewas dan hilang (foto:ismanto)
Petugas dan warga memenuhi lokasi bencana ambrolnya tanggul bendungan Situ Gintung untuk mencari korban tewas dan hilang (foto:ismanto)

Sayang, lokasi wisata yang indah itu kini berubah menjadi kuburan massal bagi puluhan warga yang bermukim di sekitarnya. Setidaknya sudah 65 orang dinyatakan tewas dan ratusan masih hilang tertimbun longsoran. Pepohonan tumbang dan tercerabut. Ratusan rumah ambruk dan tinggal puing-puing, setelah diterjang air bah akibat ambrolnya tanggul yang hanya terbuat dari tanah.

Maklum, bendungan peninggalan penjajah Belanda ini sudah berumur 76 tahun. Dibangun sejak 1933 dan hingga kini belum pernah direnovasi. Yang terjadi justru alihfungsi lahan dan diserobot permukiman penduduk. Wakil Bupati Tangerang, Rano Karno pun menangisi rakyatnya yang jadi korban. Siapa yang salah? Apakah kita akan menyalahkan alam?(berbagai sumber)

Iklan

3 thoughts on “Taman Wisata Eksotis Jadi Kuburan Massal”

  1. huft,,
    saiiank bnedh iiahh..
    situ gintung yang tdinya nndahh bnedh..
    karank jadi amburaddul kea jddull gttu..
    dudud..
    gue dnger2 cii ktanyah..
    di stu gintung ntu jdii t4 mesum gttu..
    mkanya..
    terjadilahh dan terjadilahh..
    tapi yg gue heran..
    musholla di stu gintung kug gak kut ancur yiiah..
    ???!!!
    llu2 mua ruz sddar cuyy..
    mua ttu kbesaran allah..
    cuma dyya yg bkuasa taz muanyah..
    bdw..
    dari pda binun mu buka web apah lagi..
    mending add fs gue..
    hhe..
    sez_purpelz@yahoo.co.id

    cee a..
    kauuand2 kuh ..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s