Kasus David: Polisi Singapura Belum Berani?

Keluarga David tiba di Singapura, Senin 2 Maret 2009. Inzet: David
Petugas dari KBRI mendampingi keluarga David tiba di Singapura, Senin 2 Maret 2009. Inzet: David

KAMIS 2 April 2009, persis satu bulan kematian tragis David Hartanto Widjaja. Mahasiswa Nanyang Technology University (NTU) Singapura  itu tewas sejak Senin 2 Maret 2009 lalu. Sebagaimana janji kepolisian Singapura, hasil autopsi terhadap jenazah almarhum akan diumumkan satu bulan setelah kematiannya. Sayang, sampai kemarin tak ada tanda-tanda mereka akan mengumumkannya. Apakah mereka belum berani?

Padahal, masyarakat Indonesia yang bersimpati pada nasib almarhum dan terus mengikuti perkembangan kasus tersebut, sangat menanti-nanti hasil autopsi itu. Bila Kepolisian Singapura menunda pengumuman lebih lama lagi, justru akan menimbulkan spekulasi yang lebih liar lagi.

Sayang, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) hanya bersikap menunggu. Katanya mereka sudah meminta kepada kepolisian di sana. Tapi tidak menjelaskan apa jawaban polisi mengapa hasilnya belum bisa diumumkan. Mudah2an KBRI memiliki cukup nyali untuk mendesak Pemerintah Singapura segera mengumumkannya.

Satu hal lagi, sebagai wakil bangsa Indonesia di negeri itu, Kedutaan harus menunjukkan bahwa mereka pantas mewakili sebuah bangsa besar.  Artinya, mereka “tidak melipat ekor ke celah paha”  ketika berhadapan dengan polisi maupun Pemerintah Singapura. Kalau perlu mereka sedikit “menggonggong” supaya Singapura tidak memandang remeh mereka, yang artinya juga menganggap remeh bangsa Indonesia. Tidak meremehkan seluruh rakyat Indonesia. (*)

Iklan

3 thoughts on “Kasus David: Polisi Singapura Belum Berani?”

  1. saya setuju sekali..dan yang saya heran adalah birokrat kita yang merasa punya power, yang masih aktif atau pensiunan..kq pada diem aja ya…mana NASIONALISMEnya..padahal mereka bisa menjadi seperti itu jg karena rakyat Indonesia…

    muuumetttt…mumeettt…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s