Menyambut “Pesta” WOC di Manado

Kota Manado
Kota Manado

HITUNGAN mundur, 24 hari lagi Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar “pesta” akbar bertajuk World Ocean Conference (WOC) atau Konferensi Kelautan Dunia dan  Coral Triangle Initiative (CTI) summit. Sebuah pertemuan akbar karena mendatangkan ribuan perwakilan dari ratusan negara di seluruh dunia.

Mensukseskan kegiatan ini adalah harga mati. Menjadi pertaruhan semua orang di Bumi Nyiur Melambai, karena merupakan upaya menjaga sekaligus mengangkat nama baik daerah sekaligus bangsa Indonesia di mata dunia internasional.

Sulut mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah kegiatan berskala global dan menentukan bagi masa depan masyarakat global, sudah merupakan sebuah kebanggaan. Kita akan semakin bangga lagi bila acara ini berlangsung sukses.

Suksesnya WOC akan memberikan kredit poin tersendiri bagi kita. Mengingat yang akan hadir nanti adalah perwakilan berbagai negara yang terdiri dari banyak unsur, mulai dari wakil pemerintahan, para peneliti dan pakar kelautan, non government organization (NGO), pers, dan sebagainya. Mata seluruh dunia akan tertuju ke Sulut.

Keberhasilan kegiatan ini menjadi sebuah promosi luar biasa bagi Sulut dalam berbagai sektor. Di antaranya sektor pariwisata. Nama Bunaken yang sudah mendunia, akan semakin berkibar. Demikian pula objek dan potensi wisata lainnya di Bumi Nyiur Melambai. Semakin banyak lagi orang yang akan mengenal daerah kita ini. Selebihnya, kita akan mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan tersebut.

Berdasar itulah, pemerintah daerah di berbagai level mati-matian mempersiapkan segala hal. Jalan-jalan dibikin mulus, jumlah hotel ditambah, kualitas hotel yang sudah ada di up grade, dan persiapan sumber daya manusia (SDM) secara matang.

Sekali lagi, bila WOC dan CTI sukses, dalam artian para peserta yang datang mendapat sambutan khas daerah yang menyenangkan hati, kemudian pergi dengan kepuasan, akan menjadi kesan tak terlupakan yang menjadi kenangan bertahun-tahun. Bukan tak mungkin mereka akan kembali lagi ke sini pada kesempatan lain. Dengan begitu devisa akan masuk dan ini tentu berimbas pada kesejahteraan kita.

Lantas, apa lagi yang harus kita persiapkan selain fasilitas fisik yang dibangun pemerintah? Tak lain adalah kesiapan seluruh masyarakat Sulut. Setiap orang di daerah ini mewakili nama baik Sulut dan Indonesia. Artinya setiap orang di Sulut memiliki tanggungjawab yang sama besarnya dengan para pejabat maupun mereka yang terlibat langsung dalam kegiatan WOC dan CTI, termasuk pihak keamanan yang akan mengawal kegiatan ini.

Sejauh ini kondisi keamanan di Manado sangat baik. Inilah yang harus dipertahankan. Ibarat pepatah, nila setitik merusak susu sebelanga. Sesukses apa pun kegiatan itu nantinya, bila ada satu orang saja melakukan kesalahan, terutama dalam sikap dan perilaku terhadap para tamu, bakal merusak seluruh keberhasilan yang telah dicapai. Jangan sampai kita memberikan kesan negatif bagi tamu-tamu kita. Keberhasilan kegiatan WOC akan menjadi tolok ukur menuju Manado kota pariwisata dunia tahun tahun 2010.(*)

Iklan

2 thoughts on “Menyambut “Pesta” WOC di Manado”

  1. klo urusan yang bgtuan…ehmmmmm
    klo uda di atur pemerintah…y ikut aja dech,,,,,
    kn klo ngelawan di sangka komunis,,,,,,,,,,,lawan kehendak BABE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Suka

  2. woc ternyata ada juga yang protes diantaranya walhi cs, tapi saya pikir walhi cs ini karena mereka tidak dikasih duit aja, mereka itu teriak2 padahal cari duit. woc untuk kepentingan manusia di masa datang terlebih generasi2 nanti malahan walhi berunjuk rasa mempermalukan sulut coba tanya masyarakat sulut apa unjuk rasa walhi ini didukung? ya paling2 mereka2 aja sesama pencari duit dgn cara begitu. tangkap mereka pak polisi itu………!!! mereka merusak image sulut yang pertama kali melakukan event internasional. bravo sulut.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s