Alam Minahasa Secantik Gadis Manado

Danau Tondano di Minahasa
Danau Tondano di Minahasa

SUNGGUH enak dipandang mata. Indahnya pemandangan Danau Tondano dengan udaranya yang segar di pagi itu, seolah menyedot rasa capek dari tubuh-tubuh letih kami yang baru selesai bekerja sekitar pukul 03.00 dinihari. Lukisan alam karya Sang Maha Agung itu membongkar kepenatan, mencabut energi negatif, dan menggantikannya dengan kepuasan batin. Menakjubkan!

Semburat cahaya fajar dari balik barisan pegunungan menerpa permukaan danau seluas  4.278 hektare itu semakin menambah kekaguman kami. Paduan warna orange dan perak berkilau indah. Permukaan danau yang sangat teduh itu melukis kembali bayangan bukit dan langit berawan tipis di atasnya. Hamparan itu lantas berpendar, terbelah oleh perahu nelayan yang sedang menangkap ikan.

Jalan aspal tak seberapa mulus yang menyusur pinggiran Danau Tondano, mengantar kami menuju sisi lain yang semakin eksotis. Hamparan sawah menghijau dan gadis-gadis Tondano berkulit putih bersih, melempar senyum termanisnya. Mereka sangat cantik, secantik alam di sekitarnya.

Wah, di situ ada rumah kayu berarsitektur Eropa. Cerobong asapnya menyembul dari dapur pemanas, menembus atap. Akses menuju rumah berupa jembatan kayu di atas kolam ikan. Penghuni rumah tampak sibuk memberi makan beberapa ekor angsa putih. Suasana itu seperti di negeri Swiss. Kami serasa berada di Eropa.

Terus menyusur jalan sempit itu, merayap di sisi jurang, melewati banyak tikungan dengan pemandangan hutan tropis

Pantai Kora-kora di Minahasa
Pantai Kora-kora di Minahasa

yang masih cukup lebat. Jalan itu mengantar kami menuju Pantai Kora-Kora. Kami semakin takjub pada hamparan pemandangan di depan kami.

Bibir pantai itu membentuk letter S, berkelok-kelok indah. Hamparan pasir putih bersih menjadi pembatas antara laut dan aneka pepohonan hijau di atasnya. Air laut yang sangat bening membuat ikan sekecil kelingking pun terlihat dari atas.

Maka tak salah bila teman saya bilang, “Tuhan pasti sedang tersenyum riang ketika menciptakan Sulawesi Utara.” (*)

Iklan

5 thoughts on “Alam Minahasa Secantik Gadis Manado”

  1. jangan lupa ke danau linou lahendong Tomohon sangat menakjubkan anda akan melihat bagaimana air bisa berubah warni warna terus ke Rurukan Tomohon anda juga akan dibawa ke sebuah hayal tapi realita betapa benar Tuhan menciptakan Sulut. Dia sedang enjoy. selain itu anda ke Kiawa Kawangkoan disana anda akan melihat deretan Goa-goa buatan kerja penjajahan (kerja paksa) Jepang. namun terlepas dari kerja paksa itu ternyata memberi nilai kesaksian dari generasi ke generasi dan itu menjdi saksi bisu tapi berbicara bagaimana dia bicara anda harus kesana dan percayalah menakjubkan Bravo Kawanua.

    Suka

  2. tapi kayaknya Sulut lebih cocok sebagai destinasi wisata kuliner,menurut saya lebih tepatnya wisata kuliner ekstrem, karena di daerah ini memiliki potensi kuliner yang menakjubkan, dari makanan yang masuk akal sampe yang tidak masuk akal….., halal maupun tidak halal..hahahahahahahahha….u must try that one !!!

    Suka

  3. kok bisa sampai di pantai kora2 mas ??? masih banyak tempat yang indah yang belum dilihat en’ layak disinggahi…
    kora2 salah satunya…
    minahasa memang memiliki alam yang luar biasa….enjoy your time !!!…

    —————
    Alam Sulut sungguh luar biasa indah dan eksotis. Daerah ini sangat layak sebagai destinasi wisata internasional. Tinggal bagaimana warga dan pemerintah di Sulut memolesnya. Gubernur Sarundajang tampaknya memiliki obsesi untuk melakukan itu. Kebetulan saya sempat berbincang sebentar dengan Sarundajang mengenai apa yg akan dia lakukan untuk pariwisata Sulut. Saya kira kalau dorongan gubernur mendapat respon positif dari seluruh pemerintah tingkat II ke bawah, pariwisata Sulut bakal maju pesat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s