Polisi Kok Over Acting Banget Sih…

SAYA gembira Kota Manado bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) yang berlangsung dari 11 – 15 Mei 2009. Artinya ada kepercayaan kepada pemerintah dan masyarakat setempat bahwa mereka mampu menjadi tuan rumah even internasional yang menghadirkan ribuan delegasi dari sekitar 128 negara.

Even besar itu membuat Kota Manado akhir-akhir ini terlihat lebih hiruk pikuk dibanding hari-hari normal. Kesibukan dalam kota meningkat berkali-kali lipat.  Dan ada satu “kesibukan” lain yang sangat menonjol, yakni raungan sirine kendaraan patroli polisi. Hampir setiap lima menit (bahkan kurang dari itu ) saya pasti mendengar sirine mobil patroli polisi meraung-raung di jalan raya. Padahal, ketika diperhatikan, tidak ada rombongan/delegasi yang dikawal.

Petugas polisi berseragam lengkap juga terlihat di mana-mana, hampir di setiap pinggiran jalan.  Terlalu banyak polisi berseliweran di jalan raya, justru membuat perasaan saya jadi kurang nyaman. Suasana Kota Manado terasa seperti sedang dalam kondisi darurat. Entahlah, mungkin ada orang lain yang juga merasakan hal serupa.

Menurut saya, tidak perlu terlalu banyak polisi berseragam di jalan-jalan raya. Cukup polisi lalu lintas dan perhubungan (LLAJ) agar mengatur kelancaran arus kendaraan dan memastikan aturan plat nomor ganjil-genap berjalan sesuai rencana. Mobil patroli pun jangan terlalu sering membunyikan sirine.

Sebaiknya polisi berseragam hanya berjaga di venue-venue tempat penyelenggaraan WOC & CTI Summit. Sedangkan di tempat-tempat lain, sebaiknya melakukan pengamanan tertutup saja. Artinya yang dijalankan oleh polisi tidak berseragam.

Menurut saya, kalau terlalu banyak polisi berseragam dan raungan sirine kendaraan polisi di jalan raya, justru menimbulkan ketidaknyamanan. Para peserta WOC pun bisa merasa kurang nyaman karena selalu bertemu petugas polisi berseragam di mana-mana. Mungkin saja mereka bisa berpikir, “jangan-jangan kota ini kurang aman sehingga pemerintah perlu mengerahkan banyak polisi, bahkan tentara.” (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s