Saatnya Perbaiki Administrasi Kependudukan

ANGGAP saja SBY-Boediono sudah memenangkan pilpres ini, kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan mengumumkan hasil resmi pada 18 Juli 2009 mendatang. Catatan pentingnya, Pemilu 2009 merupakan yang terburuk sepanjang sejarah Indonesia sejak pemilu pertama digelar 1955 silam.

Penyebab utama amburadulnya pelaksanaan pemilu adalah buruknya data kependudukan di Indonesia. Pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda sangat jamak, setiap orang memiliki beberapa nomor identitas yang berbeda- beda pula. Misalnya dia punya nomor KTP, nomor Surat Izin Mengemudi (SIM), nomor rekening bank, nomor paspor, dan entah nomor apa lagi.

Akibat banyaknya nomor identitas setiap warga negara, membuat sistem administrasi kependudukan negeri ini kacau balau. Seandainya setiap warga negara hanya memiliki satu nomor identitas, tentu memudahkan untuk berbagai kebutuhan. Orang yang sudah mati tak mungkin lagi terdaftar sebagai pemilih, satu orang tak mungkin terdaftar dua kali sebagai pemilih. Juga bermanfaat ketika seseorang mengajukan kredit ke perbankan, serta banyak lagi kegunaan lainnya.

Menjadi tugas presiden dan wakil presiden terpilih untuk menata sistem kependudukan dalam lima tahun ke depan. Sudah saatnya kita menggunakan single identity number (SIN), misalnya mempercepat penggunaan KTP SIAK (Sistem Administrasi Kependudukan).

Sebenarnya program KTP SIAK sudah berjalan sejak lama, namun tersendat-sendat lantaran tidak dijalankan secara serius. Bahkan, seperti di Batam yang sudah memberlakukan KTP SIAK, ternyata ada yang memiliki KTP SIAK palsu. KTP ganda, bahkan paspor palsu pun sangat jamak di sana.

Bila pemerintahan kali ini bisa memperbaiki sistem administrasi kependudukan dalam lima tahun ke depan, persoalan kisruh DPT sebagaimana Pilpres 2009 kemungkinan besar tidak terulang pada Pilpres 2014.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s