Tribun Manado Masuk 10 Besar Nasional

  • Terima Penghargaan sebagai  Koran Berbahasa Indonesia Terbaik

Cover Tribun Manado
Cover Tribun Manado

HARIAN Pagi Tribun Manado mendapat penghargaan dari Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) sebagai media massa yang menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Penghargaan tersebut dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) 2009.

Acara puncak BBS 2009 sekaligus peringatan Sumpah Pemuda ke-81, berlangsung di kantor Pusat Bahasa Depdiknas, Jl Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (28/10). Pada kesempatan itu, Pusat Bahasa Depdiknas memberikan penghargaan kepada 10 media massa yang menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Harian Pagi Tribun Manado menempati urutan 10 dan satu-satunya koran di luar Pulau Jawa yang masuk 10 besar.  Berikut 10 besar koran berbahasa Indonesia terbaik tahun 2009 versi Pusat Bahasa Depdiknas.

1. Koran Tempo
2. Kompas
3. Republika
4. Media Indonesia
5. Pikiran Rakyat
6. Suara Pembaruan
7. Koran Jakarta
8. Sinar Harapan
9. Tribun Jabar
10. Tribun Manado.

“Penghargaan ini setiap tahunnya diberikan bagi setiap media cetak yang menggunakan bahasa Indonesia  yang baik dan benar,” kataAni Mariani, Ketua Panitia Acara Puncak Bulan Bahasa, yang dihubungi melalui saluran telepon.

Ia menjelaskan, penilaian dilakukan berdasarkan tulisan pada halaman utama dan editorial. Panitia menilai sekitar 1.500 artikel dari seluruh koran yang terbit di Indonesia. Peserta seleksi tahun 2009 mengalami penurunan dibanding tahun 2008. Tahun lalu diikuti 61 koran sedangkan tahun ini hanya 45 koran yang ikut. Dari Sulawesi Utara hanya dua koran yang ikut, yakni Tribun Manado dan Manado Post. “Semoga saja tahun depan semakin banyak yang ikut,”harapnya.

Kriteria penilaian mencakup sejumlah aspek, yakni struktur bahasa dan struktur kalimat mendapat bobot 40 persen, penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) mendapat bobot 25 persen, diksi mendapat bobot 25 persen, dan gaya penulisan sebesar 10 persen.

Penilaian dilakukan oleh lima orang, masing-masing dua orang dari Balai Bahasa dan tiga orang dari Kantor Berita Antara, Institut Ilmu Sosial dan  Ilmu Politik (IISIP) Jakarta Jurusan Jurnalistik, dan Lembaga Pers Dr Soetomo. “Tim penilai melakukan penilaian selama 10 hari. Kami bekerja secara maksimal untuk menentukan siapa yang berhak untuk menjadi terbaik,” jelas Mariani.

Ani mengaku salut atas prestasi yang diraih Tribun Manado yang mampu menembus 10 besar tingkat nasional. Kendati merupakan pendatang baru yang baru terbit per 2 Februari 2009, Tribun Manado mampu bersaing dengan koran-koran pendahulunya maupun koran-koran nasional. Ia mengatakan, dengan adanya koran lokal yang menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar akan menambah tingkat kecerdasan masyarakat pembaca.

“Jadi, jika ingin semakin baik lagi maka Tribun Manado harus lebih sering berkonsultasi dengan Balai Bahasa yang ada di Manado. Supaya tahun depan ikut lagi dan siapa tahu bisa jadi peringkat pertama,” tutur Mariani.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Sulawesi Utara (Sulut), Drs Zainuddin Hakim Mhum mengatakan, piagam penghargaan yang dia terima mewakili Tribun Manado akan diberikannya ketika kembali ke Manado pada 2 November mendatang.

“Selamat untuk Tribun Manado yang mampu bersaing dengan koran nasional. Teruslah menjadi koran berbahasa Indonesia yang baik,”ujar Zainuddin melalui telepon seluler.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s