Heboh , Anak Anjing Lahir dengan Telinga di Mulut

Anak anjing tanpa wajah (maximus geneva)
Anak anjing tanpa wajah (maximus geneva)

ANJING peliharaan beranak, akh biasa. Tapi kalau anak anjing lahir tanpa wajah, itu baru luar biasa. Seperti yang terjadi pada anjing milik Jeanny Moniaga (51), warga Kelurahan Bengkol, Lingkungan 4, Kecamatan Mapanget, Kota Manado.

Dia terkejut saat anjing peliharaannya beranak empat ekor.  Satu di antara empat anak anjingnya, ternyata tidak memiliki wajah. Bahkan, kedua daun telinganya justru menggantung di bagian yang seharusnya “untuk mulut”.

Sayang anak anjing berwajah unik ini hanya mampu hidup lima menit saja. “Alis saya langsung naik, ketika anjing itu lahir saya kira tubuhnya normal, namun ketika diperhatikan ternyata tidak ada wajahnya,” ujar Jeanny yang membawa anak anjing tanpa wajah itu ke kantor redaksi Tribun Manado, Sabtu (6/2/2010).

Jeanny menjelaskan, dari tiga anak anjingnya yang lain lahir dengan fisik normal. “Selang lima belas menit kemudian anjing tanpa wajah lahir, namun ia hanya bergerak-gerak saja di tempat, tidak lama lalu sudah tidak bergerak sama sekali,” katanya.

Diceritakan, sebelum anjingnya beranak, putri Jeanny, Katlien Moniaga (12) mengaku telapak tangannya terasa gatal. Jeanny mengira keluarganya akan segera mendapatkan rezeki, namun tidak lama kemudian anjing tersebut lahir. “Meskipun hanya hidup beberapa saat, semoga saja hal itu membawa keberkahan bagi keluarga saya,”ujarnya.

Anak anjing dari ras kampung tersebut memiliki kelainan pada wajahnya yang tidak berbentuk wajah, karena rahangnya tidak membentuk dengan sempurna. Semuanya dipenuhi bulu halus. Mata serta hidungnya tidak terbentuk. Bagian mulut hanya berupa garis hitamnya saja. Sedangkan daun telinga yang seharusnya berada di samping mata dan menjulang ke atas, justru berada di pinggir mulut, menjulur ke bawah. “Saya kira di dekat mulutnya bukan daun telinga, namun setelah saya perhatikan benar-benar daun telinga,” tutur Jeanny.

Tidak heran kelahiran anjing aneh tersebut menggegerkan para tetangganya. Mereka lalu berdatangan untuk melihat anak anjing aneh tersebut. Dari para tetangganya yang melihat, semua tampak terkejut melihat keanehan bentuk anjing tersebut.

Drh Jos Sangi, ketika dihubungi mengatakan, kelahiran anak anjing tanpa wajah tersebut menurut amatan medis, terjadi karena adanya kelainan genetika pada saat masih di dalam kandungan induknya, yang menyebabkan pembentukan anatomi tubuhnya tidak sempurna.

“Biasanya pada hewan, terutama anjing pada saat di kandungan induknya pembentukan rahangnya sudah terjadi. Namun jika tidak terbentuk dengan sempurna, hal itu terjadi karena adanya kelainan anatomi,” ujarnya kemarin.

Dikatakan, anjing lahir tidak sempurna bisa juga akibat perkawinan beda ras. Sehingga jika ada ras yang tidak kuat dari segi gen, maka akan terjadi kelahiran yang tidak sempurna. Biasanya, jika ada anak anjing yang lahir tanpa kesempurnaan anatomi tubuhnya, maka akan terjadi kematian. “Anak anjing tersebut pasti tidak akan bertahan lama, karena ketidaksempurnaan anatominya,” katanya.

Untuk hewan jenis anjing, memang terdapat ras yang tidak memiliki rahang dan hidung yang menonjol, seperti pada ras peking. sehingga jika ada perkawinan antar ras risikonya adalah akan menyebabkan kelainan anatomi. “Sebaiknya jika masyarakat ingin mengawinkan hewan peliharaannya seperti anjing, harus memperhatikan berbagai hal terpenting rasnya,” tutur Sangi.

Pada manusia kelainan bentuk wajah sejak lahir disebut terjadi karena faktor genetika. Karena pada saat pembentukannya tidak terjadi tidak sempurna. “Namun pada pada hewan, terutama anjing, faktor paling kuatnya terjadi karena perkawinan antarras,” ungkapnya.(tribun manado/herviansyah)

Iklan

2 thoughts on “Heboh , Anak Anjing Lahir dengan Telinga di Mulut”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s