Tentang Batam

kawasan-nagoya-BatamPERNAH ke Batam? Ini adalah sebuah kota pulau di wilayah barat Indonesia. Merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pulau Batam sendiri memliki luas 415 km2. Tapi Otorita Batam telah memperluasnya dengan membangun jembatan penghubung ke beberapa pulau antara lain Pulau Rempang dan Galang. Jembatan penghubung itu namanya Jembatan Barelang (Batam, Rempang, Galang). Sehingga luas Batam kini menjadi 715 km2. (Lebih luas dibandingkan Singapura yang hanya 647 km2).

Pulau Batam sangat dekat dengan Singapura dan Malaysia, kira-kira hanya 45 menit hingga satu jam penyebrangan menggunakan ferry. Letak geografis inilah yang menjadi keunggulan kota berpenduduk 713.960 jiwa ini. Sehingga banyak perusahaan asing yang berkantor di Singapura tapi membangun pabriknya di Batam. Arus keluar masuk manusia dari kedua negara itu ke Batam juga sangat tinggi. Bahkan orang di Singapura terkadang ke Batam hanya untuk makan siang, lalu balik lagi ke negaranya.

Keuntungan lain terkait letak geografis adalah Batam berada di jalur perdagangan Selat Malaka yang sangat ramai dilalui kapal-kapal tanker maupun kapal barang. Jumlahnya mencapai ribuan dalam sebulan. Sehingga menjadikan Batam sangat cocok untuk pengembangan industri. Karena barang yang diproduksi di Batam lebih mudah dan murah diangkut ke Singapura untuk selanjutnya dikapalkan ke berbagai negara di seluruh dunia.

Selain sebagai pusat industri, sektor jasa di Batam bertumbuh sangat pesat. Ya, ditarik oleh sektor industrikawasan-industri di Batam dari udara sebagai lokomotif. Hotel-hotel terus bertambah. Saat ini, kalau saya tidak salah, jumlah hotel berbintang 4 sekitar 6 atau 7 unit, di antaranya Novotel, Harmoni, Planet Holiday, i-Hotel, Mercure, Pacific, Panorama Regency, dan lainnya. Itu belum termasuk hotel dan resort bintang 4 sekitar 4 atau 5 unit, serta banyak lagi hotel bintang 3, 2, melati, dan lainnya. Total kamar dari semua hotel di Batam sekitar 10 ribu – 12 ribu unit, dengan rata-rata tingkat hunian (okupansi) antara 60 – 90 persen.

Banyaknya hotel dan resort menjadi daya tarik bagi turis-turis Malaysia dan Singapura untuk berakhir pekan di Batam. Mereka biasanya datang Jumat sore dan baru kembali ke negaranya Minggu malam atau bahkan Senin pagi. Sekitar 2 atau 3 tahun lalu, apek-apek (pria setengah baya hingga yang tua-tua) dari Malaysia dan Singapura biasa melakukan wisata seks di Batam. Namun kini (katanya) sudah berkurang.

Satu lagi pemandangan yang bisa ditemui di setiap sudut Kota Batam adalah ruko alias rumah toko. Nyaris seantero pulau ini ada ruko-nya. Berjajar di tepi-tepi jalan utama hingga ke kompleks-kompleks perumahan. Boleh dikata Batam adalah kota sejuta ruko. Sayangnya, banyak ruko lama di pusat-pusat bisnis seperti Jodoh dan Nagoya, kini kosong.

Kendati banyak ruko dan minimarket, Batam juga dipenuhi pusat perbelanjaan besar seperti mal. Saya sampai lupa ada berapa jumlah mal di Batam. Sebut saja yang besar-besar seperti Nagoya Hill, Lucky Plaza, Centre Point, Top 100 Jodoh, Top 100 Penuin, BCS Mall, Mega Mall Batam Centre, Mymart, Aviari Plaza, Panbil Mall, Robinson, Plaza Avava, dan banyak lagi. Jarak antar mal, terutama di kawasan Jodoh, Nagoya, dan Penuin sangat berdekatan.

Banyaknya pusat perbelanjaan modern juga menjadi daya tarik tersendiri. Warga Singapura sering belanja kebutuhannya di Batam. Terutama pada akhir pekan, hari Minggu dan hari libur, mereka ke Batam untuk belanja. Belanjaannya macam-macam, mulai dari busana hingga sayuran dan sebagainya. Ini karena harga barang di Batam jauh lebih murah dibanding di Singapura.

Oh ya.. dua tahun lagi Batam menggelar Visit Batam Year 2010. Banyak program yang akan digelar pemerintah kota maupun kalangan pengusaha untuk menarik pengunjung dari dalam dan luar negeri. Selain itu, September mendatang ada balapan Formula 1 di Singapura. Sedikitnya sudah 7.000 kamar hotel dan resort di Batam dipesan oleh para tamu yang akan menyaksikan balapan jet darat itu.

Yah… itulah kulit luar Kota Batam. Kalau ingin tahu lebih banyak lagi, datanglah melancong ke Batam dan nikmati dimensi lain yang berbeda dibanding kota lain di Indonesia.(*)

82 thoughts on “Tentang Batam”

  1. Tangkap atas nama helena gadget pengguna fb menipu saya degan modus menjual barang elektronik dari batam uang saya ludes 50 juta. Bangsat.

    Suka

  2. Gara gara menjari jaringan usaha di batam uang saya ludes 50 juta. Atas nama helena gadget pengguna Fb menawarkan barang murah dari batam. Dengan menggunakan jasa tiki ktax. Semoga orang seperti ditangkap dan di penjara . amin jgn pernah merusak kepercayaan orang.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

mari katong bacarita

%d blogger menyukai ini: